PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) DIBANTU MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 03 NGABANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mujahidah, Nelly
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Janah, Roikhatul
dc.contributor.author TANAMA, PUTRI
dc.date.accessioned 2025-01-22T00:55:36Z
dc.date.available 2025-01-22T00:55:36Z
dc.date.issued 2024-12-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5782
dc.description.abstract PUTRI TANAMA (11910001), Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) dibantu Media Visual terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran IPA Peserta Didik kelas V SDN 03 Ngabang Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan, 1) Hasil belajar peserta didik kelas v sebelum penggunaan model pembelajaran CLIS (children learning in science) dibantu media visual, 2) Hasil belajar peserta didik sesudah penggunaan model pembelajaran CLIS (children learning in science) dibantu media visual, dan 3) pengaruh penggunaan model pembelajaran CLIS (children learning in science) dibantu media visual terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan teknik kuantitatif, dan desain penelitian yang digunakan ialah pre-experimental design yaitu One-Group Pretest-Posttest Design terdapat pretest dan posttest. Sampel yang digunakan yaitu kelas V A dengan jumlah peserta didik sebanyak 28 orang. Alat pengumpulan data yaitu observasi, test, dan dokumentasi. Analisis data yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji parametrik, uji nonparametrik, dan uji pengaruh menggunakan program IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik kelas v sebelum penggunaan model pembelajaran CLIS (children learning in science) dibantu media visual, dengan nilai rata-rata sebesar 50,71% hanya 11 peserta didik atau 39, 28% yang mencapai KKM, sedangkan 17 peserta didik atau 60,71% tidak tuntas atau belum mencapai nilai KKM yang telah ditentukan sekolah tersebut. 2) Hasil belajar peserta didik sesudah penggunaan model pembelajaran CLIS (children learning in science) dibantu media visual, hasil belajar peserta didik sesudah atau posttest secara spesifik, dengan nilai tertinggi 100%, nilai rata-rata yang dicapai adalah 82,14% kriteria baik yang diperoleh 28 peserta didik mencapai KKM dianggap tuntas. 3) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran CLIS (children learning in science) dibantu media visual terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA peserta didik dikelas V SDN 03 Ngabang melalui uji regresi linier sederhana dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 7,568 > t tabel 2.056, sehingga variabel (X) Penggunaan Model Pembelajaran CLIS berpengaruh terhadap variabel (Y) hasil belajar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Model CLIS en_US
dc.subject Media visual en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) DIBANTU MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 03 NGABANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account