PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS MIN 1 MEMPAWAH

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mujahidah, Nelly
dc.contributor.advisor Asmiati, Syarifah
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.advisor Habaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.author Ahmadiana, Nurazizah Putri
dc.date.accessioned 2025-01-16T07:00:49Z
dc.date.available 2025-01-16T07:00:49Z
dc.date.issued 2024-12-17
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5731
dc.description.abstract NURAZIZAH PUTRI AHMADIANA (12010053). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture and picture terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Kekayaan Budaya Kelas IV MIN 1 Mempawah Tahun Ajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya sejumlah peserta didik yang nilainya belum mencapai KKM. Nilai yang belum mencapai KKM itu dapat disebabkan berbagai faktor salah satunya model pembelajaran yang tidak bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah 1) Langkah-langkah penggunaan model pembelajaran picture and picture. 2) prestasi belajar peserta didik. 3) pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen berbentuk quasy eksperimen. Lokasi penelitian ini bertempat di MIN 1 Mempawah dengan sumber data adalah peserta didik kelas IV. Teknis pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa pedoman observasi, soal tes, pedoman dokumentasi. Analisis data dilakukan adalah analisis instrumen, analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, Uji Independent Sample T-test, indeks determinasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) penggunaan model pembelajaran picture and picture telah digunakan 100% dengan kategori sangat baik. 2) prestasi belajar saat pre-test dikelas eksperimen diperolehrata-rata nilai 68,26 dan post-test naik menjadi 81,35. Sedangkan kelas control saat pre-test diperoleh rata-rata nilai 60,57 dan saat post-test naik menjadi 72,70. 3). Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai sig. = 0,000 dengan taraf signifikan (α) = 0,05. Karena nilai sig. < α = (0,05), maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap prestasi belajar peserta didik di kelas IV dengan besar pengaruh 61,9%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Model Pembelajaran Picture and picture en_US
dc.subject Ilmu Pengetahuan Sosial en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS MIN 1 MEMPAWAH en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account