dc.description.abstract |
SINTA LESTARI HARAHAP, Penggunaan Model kooperatif tipe
numbered head together (NHT) Dibantu alat peraga sistem pernapasan pada
manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi sistem
pernapasan pada manusia Kelas V SDN 03 Pontianak Selatan. Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan: 1) Persentase Ketuntasan
Hasil belajar IPA sebelum menggunakan Model kooperatif tipe numbered head
together (NHT) pada materi sistem pernapasan pada manusia peserta didik. 2)
Pelaksanaan penggunaan Model kooperatif tipe numbered head together (NHT)
Dibantu alat peraga sistem pernapasan pada manusia dalam meningkatkan hasil
belajar IPA materi pernapasan pada manusia pada peserta didik. 3) Hasil belajar
IPA setelah menggunakan Model kooperatif tipe numbered head together (NHT)
Dibantu alat peraga sistem pernapasan pada manusia materi sistem pernapasan pada
pada peserta didik. 4) Peningkatan hasil belajar IPA setelah menggunakan Model
kooperatif tipe numbered head together (NHT) Dibantu alat peraga sistem
pernapasan pada manusia materi pada peserta didik kelas V di SDN 03 Pontianak
Selatan.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data penelitian ini adalah seluruh peserta
didik kelas V SDN 03 Pontianak Selatan. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini ialah dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi,teknik
analisis data penelitian ini menggunakan teknik statistik deskriptif.
Berdasarkan analisis yang dilakukan maka peneliti dapat menyimpulkan
bahwa: 1) Persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan
model pembelajaran Model kooperatif tipe numbered head together (NHT) Dibantu
alat peraga sistem pernapasan pada manusia 65%. 2) Penggunaan Model kooperatif
tipe numbered head together (NHT) Dibantu alat peraga sistem pernapasan pada
manusia telah dilakukan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. Pada siklus
I Keterlaksanaan proses pembelajaran sebesar 73%,pada siklus II sebesar 97,91%.
3) Persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sesudah diterapkan model
Model kooperatif tipe numbered head together (NHT) Dibantu alat peraga sistem
pernapasan pada manusia sebesar 90%. 4) Terdapat Peningkatan Hasil Belajar
Peserta Didik Pada materi sistem pernapasan pada manusia kelas V sebelum dan
sesudah diterapkan Model kooperatif tipe numbered head together (NHT) Dibantu
alat peraga sistem pernapasan pada manusia di SDN 03 Pontianak Selatan pada pra
siklus ketuntasan klasikal sebesar 80%, pada siklus I meningkat menjadi 70%, pada
siklus II meningkat menjadi 90%. |
en_US |