Abstract:
Rani Azzahra, “Habitus Moderasi Beragama dalam Pengalaman Belajar
Mahasiswa di HMI Komisariat Tarbiyah Cabang Pontianak: Perspektif
Pendidikan Islam”. Skripsi. Pontianak, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya animo mahasiswa untuk
bergabung di HMI Komisariat Tarbiyah. HMI Komisariat Tarbiyah memiliki peran
strategis dalam membentuk sikap dan pemikiran generasi muda, khususnya terkait
moderasi beragama. HMI Komisariat Tarbiyah merupakan salah satu komisariat
yang aktif dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan keagamaan dan sosial,
bertujuan menanamkan nilai-nilai moderasi beragama kepada anggotanya.
Tujuan penelitian ini menjelaskan sub pembahasan dari perspektif pendidikan
Islam sebagai berikut: Pertama, mendeskripsikan bagaimana habitus komitmen
kebangsaan mahasiswa di HMI Komisariat Tarbiyah Cabang Pontianak; Kedua,
mendeskripsikan bagaimana habitus toleransi mahasiswa di HMI Komisariat
Tarbiyah Cabang Pontianak; Ketiga, mendeskripsikan bagaimana habitus anti
kekerasan mahasiswa di HMI Komisariat Tarbiyah Cabang Pontianak; Keempat
mendeskripsikan bagaimana habitus akomodif terhadap budaya lokal mahasiswa di
HMI Komisariat Tarbiyah Cabang Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Peneliti
menggunakan deskriptif karena penelitian ini hanya bertujuan untuk
menggambarkan atau mendeskripsikan fakta di lapangan secara objektif sesuai
kebutuhan peneliti secara apa adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan
berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik
analisis data yang digunakan berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan
simpulan. Kemudian teknik keabsahan data berupa triangulasi, member chek, dan
perpanjangan waktu penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata mahasiswa di HMI Komisariat
Tarbiyah sudah menerapkan habitus moderasi beragama. Habitus ini tidak hanya
dibentuk di HMI Komisariat Tarbiyah, namun sudah terbentuk sebelum mahasiswa
bergabung di HMI Komisariat Tarbiyah dalam kehidupan sehari-hari, yang mana
tidak luput dari pengalaman belajar yang mereka dapatkan sebelum bergabung di
HMI Komisariat Tarbiyah. Dengan bergabungnya mahasiswa di HMI Komisariat
Tarbiyah maka menjadikan HMI sebagai tempat untuk meningkatkan habitus
moderasi beragama yang sudah terbentuk dan diterapkan. Habitusnya yaitu: 1)
Menyanyikan lagu Indonesia Raya terlebih dahulu sebelum menyanyikan lagu
Hymne HMI, menerapkan nilai-nilai Pancasila, dan mengikuti pemilu. 2) Saling
peduli, menghargai satu sama lain, terbuka antar sesama, mau menerima masukan
walaupun berbeda pendapat. 3) Dalam menghadapi suatu persoalan tidak
menggunakan kekerasan fisik maupun lisan dan tidak adanya tindakan krimimal.
4) Menerima segala perbedaan budaya sebagai bentuk menghargai keberagaman
yang ada seperti suku, bahasa, dan ras dengan tidak mengusiknya.