Habitus Moderasi Beragama dalam Pengalaman Belajar Mahasiswa di HMI Komisariat Tarbiyah Cabang Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Handayani Lubis, Putri
dc.contributor.advisor Hendry AR, Eka
dc.contributor.advisor Fitriyanto, Andry
dc.contributor.author Azzahra, Rani
dc.date.accessioned 2025-01-15T04:14:03Z
dc.date.available 2025-01-15T04:14:03Z
dc.date.issued 2024-06-20
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5709
dc.description.abstract Rani Azzahra, “Habitus Moderasi Beragama dalam Pengalaman Belajar Mahasiswa di HMI Komisariat Tarbiyah Cabang Pontianak: Perspektif Pendidikan Islam”. Skripsi. Pontianak, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya animo mahasiswa untuk bergabung di HMI Komisariat Tarbiyah. HMI Komisariat Tarbiyah memiliki peran strategis dalam membentuk sikap dan pemikiran generasi muda, khususnya terkait moderasi beragama. HMI Komisariat Tarbiyah merupakan salah satu komisariat yang aktif dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan keagamaan dan sosial, bertujuan menanamkan nilai-nilai moderasi beragama kepada anggotanya. Tujuan penelitian ini menjelaskan sub pembahasan dari perspektif pendidikan Islam sebagai berikut: Pertama, mendeskripsikan bagaimana habitus komitmen kebangsaan mahasiswa di HMI Komisariat Tarbiyah Cabang Pontianak; Kedua, mendeskripsikan bagaimana habitus toleransi mahasiswa di HMI Komisariat Tarbiyah Cabang Pontianak; Ketiga, mendeskripsikan bagaimana habitus anti kekerasan mahasiswa di HMI Komisariat Tarbiyah Cabang Pontianak; Keempat mendeskripsikan bagaimana habitus akomodif terhadap budaya lokal mahasiswa di HMI Komisariat Tarbiyah Cabang Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Peneliti menggunakan deskriptif karena penelitian ini hanya bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan fakta di lapangan secara objektif sesuai kebutuhan peneliti secara apa adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Kemudian teknik keabsahan data berupa triangulasi, member chek, dan perpanjangan waktu penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata mahasiswa di HMI Komisariat Tarbiyah sudah menerapkan habitus moderasi beragama. Habitus ini tidak hanya dibentuk di HMI Komisariat Tarbiyah, namun sudah terbentuk sebelum mahasiswa bergabung di HMI Komisariat Tarbiyah dalam kehidupan sehari-hari, yang mana tidak luput dari pengalaman belajar yang mereka dapatkan sebelum bergabung di HMI Komisariat Tarbiyah. Dengan bergabungnya mahasiswa di HMI Komisariat Tarbiyah maka menjadikan HMI sebagai tempat untuk meningkatkan habitus moderasi beragama yang sudah terbentuk dan diterapkan. Habitusnya yaitu: 1) Menyanyikan lagu Indonesia Raya terlebih dahulu sebelum menyanyikan lagu Hymne HMI, menerapkan nilai-nilai Pancasila, dan mengikuti pemilu. 2) Saling peduli, menghargai satu sama lain, terbuka antar sesama, mau menerima masukan walaupun berbeda pendapat. 3) Dalam menghadapi suatu persoalan tidak menggunakan kekerasan fisik maupun lisan dan tidak adanya tindakan krimimal. 4) Menerima segala perbedaan budaya sebagai bentuk menghargai keberagaman yang ada seperti suku, bahasa, dan ras dengan tidak mengusiknya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Habitus en_US
dc.subject Moderasi Beragama en_US
dc.subject Pengalaman Belajar en_US
dc.subject HMI Komisariat Tarbiyah en_US
dc.title Habitus Moderasi Beragama dalam Pengalaman Belajar Mahasiswa di HMI Komisariat Tarbiyah Cabang Pontianak en_US
dc.title.alternative Perspektif Pendidikan Islam en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account