dc.description.abstract |
RETNO ANGGRAINI. Pengaruh Penggunaan Media Video Stop Motion
Terhadap Kemampuan Membaca Cerpen Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah
Swasta Nurul Hasanah Siantan Tahun Pelajaran 2023-2024: Fakultas Tarbiyah
Dan Ilmu Keguruan Jurursan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Institiut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) kemampuan membaca
cerpen siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Hasanah Siantan
Tahun Pelajaran 2023-2024 tanpa menggunakan Video Stop Motion. 2) Langkah langkah Penggunaan Media Media Video Stop Motion dalam meningkatkan
kemampuan membaca cerpen siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta
Nurul Hasanah Siantan Tahun 2023-2024. 3) Mengetahui pengaruh Video Stop
Motion dalam meningkatkan kemampuan membaca cerpen siswa kelas IV di
Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Hasanah Siantan Tahun Pelajaran 2023-2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
eksperimen. Sumber data penelitian ini adalah populasi dan sampel. Adapun
populasi dan sampel dalam penelitian ini seluruh peserta didik Madrasah
Ibtidaiyah Swasta Nurul Hasanah Siantan kelas VI A yang berjumlah 25 kelas dan
Kelas IV B yang berjumlah 25 siswa. Teknik dan alat yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah teknik observasi, teknik tes dan dokumentasi. Alat
pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes hasil belajar dan
dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan
SPSS.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa: 1) kemampuan membaca cerpen siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah
Swasta Nurul Hasanah Siantan Tahun 2023-2024 tanpa menggunakan Video
Stop Motion Nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 62,7. 2) Langkah langkah Penggunaan Media Media Video Stop Motion dalam meningkatkan
kemampuan membaca cerpen Dari hasil observasi pelaksaan pembelajaran dengan
penggunaan media Vidio Stop Motion yaitu 100%. 3) Besar pengaruh
penggunaan Video Stop Motion terhadap kemampuan membaca cerpen siswa
kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Hasanah Siantan Tahun 2023-
2024. Pada uji hipotesis menujukan bahwa nilai (Sig) sebesar 0,000 yang berarti
nilai (Sig) < 0.05, hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari variabel
bebas terhadap variabel terikat atau Ha diterima dan Ho tolak. |
en_US |