PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO STOP MOTION TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA CERPEN KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NURUL HASANAH SIANTAN TAHUN PELAJARAN 2023-2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.advisor AR, Eka Hendry
dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.author Anggraini, Retno
dc.date.accessioned 2025-01-14T07:15:02Z
dc.date.available 2025-01-14T07:15:02Z
dc.date.issued 2024-12-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5697
dc.description.abstract RETNO ANGGRAINI. Pengaruh Penggunaan Media Video Stop Motion Terhadap Kemampuan Membaca Cerpen Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Hasanah Siantan Tahun Pelajaran 2023-2024: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Jurursan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institiut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) kemampuan membaca cerpen siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Hasanah Siantan Tahun Pelajaran 2023-2024 tanpa menggunakan Video Stop Motion. 2) Langkah langkah Penggunaan Media Media Video Stop Motion dalam meningkatkan kemampuan membaca cerpen siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Hasanah Siantan Tahun 2023-2024. 3) Mengetahui pengaruh Video Stop Motion dalam meningkatkan kemampuan membaca cerpen siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Hasanah Siantan Tahun Pelajaran 2023-2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sumber data penelitian ini adalah populasi dan sampel. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini seluruh peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Hasanah Siantan kelas VI A yang berjumlah 25 kelas dan Kelas IV B yang berjumlah 25 siswa. Teknik dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi, teknik tes dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan SPSS. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) kemampuan membaca cerpen siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Hasanah Siantan Tahun 2023-2024 tanpa menggunakan Video Stop Motion Nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 62,7. 2) Langkah langkah Penggunaan Media Media Video Stop Motion dalam meningkatkan kemampuan membaca cerpen Dari hasil observasi pelaksaan pembelajaran dengan penggunaan media Vidio Stop Motion yaitu 100%. 3) Besar pengaruh penggunaan Video Stop Motion terhadap kemampuan membaca cerpen siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Hasanah Siantan Tahun 2023- 2024. Pada uji hipotesis menujukan bahwa nilai (Sig) sebesar 0,000 yang berarti nilai (Sig) < 0.05, hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat atau Ha diterima dan Ho tolak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject video stop motion en_US
dc.subject kemampuan membaca cerpen en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO STOP MOTION TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA CERPEN KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NURUL HASANAH SIANTAN TAHUN PELAJARAN 2023-2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account