Abstract:
Dinamika Penerapan Metode Asuh Islami pada Ibu dengan Anak
Berkebutuhan Khusus Di Desa Durian Sebatang
Oleh :
Solekah
11914023
Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memiliki karakteristik
berbeda baik secara fisik, emosi atau mental dibandingkan dengan anak seusianya.
Pengasuhan anak berkebutuhan khusus harus disesuaikan dengan usia, kondisi dan
gangguan anak. Mengasuh anak berkebutuhan khusus dengan anak normal tentu
akan berbeda, mengasuh anak berkebutuhan khusus membutuhkan tenaga dan
waktu yang lebih banyak. Dengan menerapkan metode asuh islami ibu lebih bisa
mengikhlaskan dan berserah diri kepada Allah atas apa yang telah terjadi di
kehidupan anak. Dengan kondisi sulit yang dialami orang tua, maka perlunya orang
tua memiliki landasan keimanan dan sandaran diri yaitu Allah. Tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mengetahui : (1) dinamika pada masing-masing ibu dalam
membentuk metode asuh islami, (2) persamaan dan perbedaan metode asuh islami
pada ibu anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
dengan jenis pendekatan deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah
orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Sumber data sekunder dalam
penelitian ini adalah orang terdekat seperti tetangga. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil
penelitian ini yaitu: (1) dinamika dari ketiga informan yaitu mengetahui gangguan
anak, pola asuh yang sesuai dengan gangguan anak, metode asuh islami dan nilainilai
islam yang diterapkan. (2) Terdapat persamaan dan perbedaan dari ketiga
informan. Persamaan dari ketiga informan yaitu tidak mengetahui secara mendalam
tentang gangguan anak, tidak terdapat perbedaan pengasuhan antara mengasuh
anak berkebutuhan khusus dengan anak normal. Ketiga informan tidak pernah
mempelajari atau membaca dari internet maupun buku terkait pengasuhan anak
berkebutuhan khusus. Perbedaan dari ketiga informan yaitu pada penerapan
masing-masing metode. SH dan SI mencontohkan, membiasakan dan memberikan
perhatian dan pengawasan dengan caranya. Sedangkan Y mencontohkan dan
membiasakan anak dengan caranya.