PENGARUH PENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA PAPAN BERPAKU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MIN 3 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.advisor Mujahidah, Nelly
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author RATNA, RATNA
dc.date.accessioned 2025-01-13T07:26:17Z
dc.date.available 2025-01-13T07:26:17Z
dc.date.issued 2024-12-23
dc.identifier.citation APA style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5680
dc.description.abstract RATNA. Pengaruh Pengunaan Model Student Teams Achievement Division Dengan Media Papan Berpaku Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III MIN 3 Pontianak . Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini di latar belakangi adanya fenomena yang terjadi tentang hasil belajar peserta didik mata pelajaran matematika kelas III belum mencapai target KKM maka model Student Teams Achievement Division dengan media papan berpaku dianggap dapat membantu meningkatkan hasil belajar pada proses pembelajaran. ​Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan:1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan Model Student Teams Achievement Division dengan Media Papan Berpaku pada mata pelajaran matematika. 2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan model Student Teams Achievement Division dengan Media Papan berpaku pada mata pelajaran matematika.3) Pengaruh penggunaan model Student Teams Achievement Division dengan media papan berpaku terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas III di MIN 3 Pontianak . ​Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas III yang berjumlah 120 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas III B sebanyak 40 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas III C sebanyak 40 peserta didik sebagai kelas kontrol. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda, observasi dan dokumen. Teknik analisis data berupa : Uji instrument, Uji Deskriptif, Uji Prasyarat, dan Uji Hipotesis. ​Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan Model Student Teams Achievement Division dengan Media Papan Berpaku pada kelas kontrol masih tergolong rendah, dengan nilai rata-rata pretest 50.50 dan nilai rata-rata posttest 66,25. 2) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan Model Student Teams Achievement Division dengan Media Papan Berpaku pada kelas eksperimen adanya peningkatan, dengan nilai rata-rata pretest 60,50 dan nilai rata-rata posttest 79,70. 3) Tidak terdapat pengaruh penggunaan model Student Teams Achievement Division dengan Media Papan Berpaku terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas III di MIN 3 Pontianak . en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Media Papan Berpaku en_US
dc.subject Student Teams Achievement Division en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA PAPAN BERPAKU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MIN 3 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account