PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II DI SDN 54 PONTIANAK BARAT

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.advisor Hidayat, Moh. Yusuf
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.author Panduwinata, Elsy
dc.date.accessioned 2025-01-13T01:17:05Z
dc.date.available 2025-01-13T01:17:05Z
dc.date.issued 2024-12-12
dc.identifier.citation Apa style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5669
dc.description.abstract ELSY PANDUWINATA, Penerapan Metode Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia sebelum diterapkannya metode pembelajaran picture and picture di kelas II SDN 54 Pontianak Barat tahun pelajaran 2024/2025. 2) Bagaimana langkah-langkah metode pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas II SDN 54 Pontianak Barat tahun pelajaran 2024/2025. 3) Hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya metode pembelajaran picture and picture di kelas II SDN 54 Pontianak Barat tahun pelajaran 2024/2025. 4) Peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia sebelum dan setelah diterapkannya metode pembelajaran picture and picture di kelas II SDN 54 Pontianak Barat tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Tempat penelitian adalah SDN 54 Pontianak Barat. Populasi dan sampel peserta didik kelas II B SDN 54 Pontianak Barat. Teknik alat pengumpulan data observasi, tes dan dokumen. Analisis data menggunakan presentase dan indikator keberhasilan. Hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan metode picture and picture yaitu terdapat rata- rata 57,5 dan 13 peserta didik yang tuntas. 2) Langkah-langkah penerapan metode pembelajaran Picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada peserta didik kelas II B di SD Negeri 54 Pontianak Barat pada siklus 1 dapat terlaksana 75%, siklus II terlaksana 95% dari langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan. 3) Hasil Belajar peserta didik setelah diterapkan metode pembelajaran Picture and picture dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada peserta didik kelas II B di SD Negeri 54 Pontianak Barat pada siklus 1 adalah 75%, Siklus II adalah 92,86% mengalami peningkatan sebesar 17,86%. 4) Terdapat peningkatan pada hasil belajar peserta didik setelah menggunakan metode pembelajaran Picture and picture pada prasiklus nilai rata-rata 57,5 dan presentase 46, 4% pada siklus I dengan nilai rata-rata 71, 79 dan presentase 75% , siklus II nilai rata-rata 82,5 dan presentase 92,86%. Adapun presentase peningkatan dari 46, 4% menjadi 92, 86% mengalami peningkatan sebesar 46, 46%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Metode Pembelajaran Picture And Picture en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II DI SDN 54 PONTIANAK BARAT en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account