Abstract:
ERMA TANIA, Upaya Penanaman Nilai-Nilai Akhlaqul Karimah Pada Siswa
Kelas V MIS Awaluddin Desa Pal IX Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu
Raya
Banyaknya peserta didik yang sikap dan prilaku memiliki sikap yang kurang
sopan seperti halnya ribut ketika guru sedang menjelaskan pelajaran, selalu
mengganggu temannya saat belajar, kurang jujur,sering membuat keributan dan
sebagainya. Fenomena-fenomena tersebutlah yang membuat peneliti tertarik untuk
menjadikan sebuah penelitian,serta fenomena ini menjadi sangat penting dalam
menanamkan nilai-nilai akhlak, pendidikan harus mampu mengimbangi bahkan
mampu meminimalisir serta mencegah maraknya prilaku menyimpang tersebut.
Oleh karena itu maka dalam penelitian ini peneliti memandang perlu untuk meneliti
Upaya Penanaman Nilai-Nilia Akhlak Oleh Guru Pada Siswa Kelas V MIS
Awalddin Desa Pal IX Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya, Secara
khusus tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis yaitu: 1) Untuk
Menjabarkan Cara Penanaman Nilai-Nilai Akhlakqul Karimah Pada Siswa Kelas V
MIS Awaluddin Kubu Raya, dan 2) Untuk Menjabarkan Kendala Guru Pendidikan
Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Pada Siswa Kelas V MIS
Awaluddin Kubu Raya.
Jenis penelitian ini Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode
kualitatif deskriptif bertujuan untuk mendekripsikan mengenai faktor-faktor
pendukung dan penghambat dalam upaya penanaman nilai-nilai akhlak pada siswa
kelas V MIS Awaluddin desa pal IX kecamatan Sungai Kakap. Sedangkan sumber
data primer dalam penelitian ini berasal dari data penelitian yang diperoleh secara
langsung dari narasumber ataupun responden yang diteliti. Sedangkan sumber data
sekunder dalam penelitian ini berasal dari data yang diperoleh dari dokumen yang
menunjang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan analisis data
model dan Huberman dengan langkah Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan analisis data yang peneliti lakukan, maka peneliti
menyimpulkan sebagai berikut: 1) cara penanaman nilai-nilai akhlak oleh guru
Pendidikan Agama Islam pada siswa yaitu melakukan pembiasaan, pembinaan serta
keteladanan dan program-program lainnya yang bersifat religius agar dapat
membentuk nilai-nilai akhlak peserta didik. 2) Faktor penghambat atau faktor yang
mempengaruhi penanaman nilai-nilai akhlakqul Karimah terhadap siswa kelas V
Mis Awaliddin Kubu Raya, yang pertama, kurangnya kesadaran siswa terhadap
Guru yang telah mencanangkan pembiasaan baik setiap hari dan memberikan
contoh secara rill, Fasilitas kurang mendukung, guna menunjang keberhasilan
strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlak siswa.