Upaya Penanaman Nilai-Nilai Akhlaqul Karimah Pada Siswa Kelas V MIS Awaluddin Desa Pal IX Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.advisor Andina Nurhidayah, Vibry
dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Firmansyah, Firmansyah
dc.contributor.author Tania, Erma
dc.date.accessioned 2025-01-10T04:43:55Z
dc.date.available 2025-01-10T04:43:55Z
dc.date.issued 2024-03-28
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5666
dc.description.abstract ERMA TANIA, Upaya Penanaman Nilai-Nilai Akhlaqul Karimah Pada Siswa Kelas V MIS Awaluddin Desa Pal IX Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya Banyaknya peserta didik yang sikap dan prilaku memiliki sikap yang kurang sopan seperti halnya ribut ketika guru sedang menjelaskan pelajaran, selalu mengganggu temannya saat belajar, kurang jujur,sering membuat keributan dan sebagainya. Fenomena-fenomena tersebutlah yang membuat peneliti tertarik untuk menjadikan sebuah penelitian,serta fenomena ini menjadi sangat penting dalam menanamkan nilai-nilai akhlak, pendidikan harus mampu mengimbangi bahkan mampu meminimalisir serta mencegah maraknya prilaku menyimpang tersebut. Oleh karena itu maka dalam penelitian ini peneliti memandang perlu untuk meneliti Upaya Penanaman Nilai-Nilia Akhlak Oleh Guru Pada Siswa Kelas V MIS Awalddin Desa Pal IX Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya, Secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis yaitu: 1) Untuk Menjabarkan Cara Penanaman Nilai-Nilai Akhlakqul Karimah Pada Siswa Kelas V MIS Awaluddin Kubu Raya, dan 2) Untuk Menjabarkan Kendala Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Pada Siswa Kelas V MIS Awaluddin Kubu Raya. Jenis penelitian ini Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif bertujuan untuk mendekripsikan mengenai faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam upaya penanaman nilai-nilai akhlak pada siswa kelas V MIS Awaluddin desa pal IX kecamatan Sungai Kakap. Sedangkan sumber data primer dalam penelitian ini berasal dari data penelitian yang diperoleh secara langsung dari narasumber ataupun responden yang diteliti. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini berasal dari data yang diperoleh dari dokumen yang menunjang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan analisis data model dan Huberman dengan langkah Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang peneliti lakukan, maka peneliti menyimpulkan sebagai berikut: 1) cara penanaman nilai-nilai akhlak oleh guru Pendidikan Agama Islam pada siswa yaitu melakukan pembiasaan, pembinaan serta keteladanan dan program-program lainnya yang bersifat religius agar dapat membentuk nilai-nilai akhlak peserta didik. 2) Faktor penghambat atau faktor yang mempengaruhi penanaman nilai-nilai akhlakqul Karimah terhadap siswa kelas V Mis Awaliddin Kubu Raya, yang pertama, kurangnya kesadaran siswa terhadap Guru yang telah mencanangkan pembiasaan baik setiap hari dan memberikan contoh secara rill, Fasilitas kurang mendukung, guna menunjang keberhasilan strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlak siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Nilai-nilai Akhlak en_US
dc.title Upaya Penanaman Nilai-Nilai Akhlaqul Karimah Pada Siswa Kelas V MIS Awaluddin Desa Pal IX Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account