dc.description.abstract |
Zulva Pri Agustin, NIM 11910152. Meningkatkan Kemampuan
Membaca Permulaan Metode Survey,Question,Read,Recite & Review (SQ3R)
Dibantu Media Big Book Pada Peserta Didik Kelas I Materi Bahasa Indonesia
Di SD Negeri 07 Sungai Kakap: Falkutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca
permulaan pada peserta didik kelas I SD Negeri 07 Sungai Kakap. Tujuan
penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan
metode SQ3R dibantu media big book di SDN 07 Sungai Kakap.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan pendekatan
kuantitatif. Desain penelitian menggunakan desain penelitian model Kemmis
dan Mc Taggart, subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I dan objek
penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan. Teknik dan alat
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi.
Teknik analisis menggunakan mean (rata-rata) dan persentase.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan oleh peneliti, dapat
disimpulkan bahwa: 1) kemampuan membaca permulaan peserta didik pada
materi Bahasa Indonesia kelas I sebelum digunakan metode SQ3R dibantu
media big book di SDN 07 Sungai Kakap tahun ajaran 2023/2024,
mendapatkan nilai rata-rata 46,42 dengan kategori rendah 2) langkah-langkah
penggunaan metode SQ3R dibantu media big book untuk meningkatkan
kemampuan membaca permulaan peserta didik pada materi Bahasa Indonesia
kelas I tahun ajaran 2023/2024 pada siklus I dapat terlaksana 71,42% dan
siklus II terlaksana 92,85% dari langkah-langkah yang dilakukan 3)
Kemampuan membaca permulaan peserta didik pada materi Bahasa Indonesia
kelas I sesudah diterapkan metode SQ3R dibantu media big book di SDN 07
Sungai Kakap tahun ajaran 2023/2024 pada siklus I terdapat 52% yang
mencapai ketuntasan dan pada siklus II terdapat 80% yang mencapai nilai
ketuntasan 4) terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan peserta
didik pada materi Bahasa Indonesia kelas I setelah menerapkan metode SQ3R
dibantu media big book di SDN 07 Sungai Kakap tahun ajaran 2023/2024 yaitu
terdapat peningkatan dalam kemampuan membaca permulaan dari siklus I ke
siklus II mengalami peningkatan sebesar 28%. Maka dapat disimpulkan bahwa
metode SQ3R dibantu media big book dapat meningkatkan kemampuan
membaca permulaan peserta didik kelas I SD Negeri 07 Sungai Kakap. |
en_US |