Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Metode Survey,Question,Read,Recite & Review (SQ3R) Dibantu Media Big Book Pada Peserta Didik Kelas I Materi Bahasa Indonesia Di SD Negeri 07 Sungai Kakap

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.advisor Mutmainnah, Fitri
dc.contributor.author AGUSTIN, ZULVA PRI
dc.date.accessioned 2025-01-10T04:41:39Z
dc.date.available 2025-01-10T04:41:39Z
dc.date.issued 2024-04-26
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5664
dc.description.abstract Zulva Pri Agustin, NIM 11910152. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Metode Survey,Question,Read,Recite & Review (SQ3R) Dibantu Media Big Book Pada Peserta Didik Kelas I Materi Bahasa Indonesia Di SD Negeri 07 Sungai Kakap: Falkutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan pada peserta didik kelas I SD Negeri 07 Sungai Kakap. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan metode SQ3R dibantu media big book di SDN 07 Sungai Kakap. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart, subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I dan objek penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan mean (rata-rata) dan persentase. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa: 1) kemampuan membaca permulaan peserta didik pada materi Bahasa Indonesia kelas I sebelum digunakan metode SQ3R dibantu media big book di SDN 07 Sungai Kakap tahun ajaran 2023/2024, mendapatkan nilai rata-rata 46,42 dengan kategori rendah 2) langkah-langkah penggunaan metode SQ3R dibantu media big book untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik pada materi Bahasa Indonesia kelas I tahun ajaran 2023/2024 pada siklus I dapat terlaksana 71,42% dan siklus II terlaksana 92,85% dari langkah-langkah yang dilakukan 3) Kemampuan membaca permulaan peserta didik pada materi Bahasa Indonesia kelas I sesudah diterapkan metode SQ3R dibantu media big book di SDN 07 Sungai Kakap tahun ajaran 2023/2024 pada siklus I terdapat 52% yang mencapai ketuntasan dan pada siklus II terdapat 80% yang mencapai nilai ketuntasan 4) terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan peserta didik pada materi Bahasa Indonesia kelas I setelah menerapkan metode SQ3R dibantu media big book di SDN 07 Sungai Kakap tahun ajaran 2023/2024 yaitu terdapat peningkatan dalam kemampuan membaca permulaan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 28%. Maka dapat disimpulkan bahwa metode SQ3R dibantu media big book dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I SD Negeri 07 Sungai Kakap. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Membaca Permulaan en_US
dc.subject Metode SQ3R en_US
dc.subject Media Big Book en_US
dc.title Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Metode Survey,Question,Read,Recite & Review (SQ3R) Dibantu Media Big Book Pada Peserta Didik Kelas I Materi Bahasa Indonesia Di SD Negeri 07 Sungai Kakap en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account