Abstract:
Hafis, 12015072, Pengaruh Prinsip Etika Bisnis Islam Terhadap
Minat Beli Konsumen PT. Fachri Property Group : Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Prinsip Etika
Bisnis Islam berdasarkan Keadilan, Kehendak Bebas, Tanggung Jawab,
Kebenaran Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen “PT. Fachri
Property Group”
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yaitu
untuk menguji penerapan Prinsip Etika Bisnis Islam dalam PT. Fachri
Property Gruop Terhadap minat beli konsumen, sumber data yang penulis
gunakan adalah sumber primer dan sumber sekunder, sumber primer didapat
langsung dari konsumen PT. Fachri Property Gruop melalui kuesioner,
sedangkan data sekunder didapat melalui PT. Fachri Property Group,
internet berupa jurnal,buku, untuk melengkapi skripsi penulis.
Hasil dari penelitian ini PT. Fachri Property Gruop menerapkan
Prinsip Etika Bisnis Islam yang dinilai dari konsumen mereka, ini
menunjukan bahwa yang mempengaruhi minat beli konsumen dengan nilai
prinsip etika bisnis islam sebesar 94%, Jadi kesimpulan yang di dapat dari
pembahasan ini adalah semua variabel prinsip etika bisnis Islam yaitu
keadilan, kehendak bebas, tanggung jawab, kebenaran semuanya
berpengaruh positif dengan minat beli konsumen, ini menunjukan bahwa
prinsip etika bisnis Islam memiliki peran penting untuk meningkat minat
beli konsumen dan pengujian yang paling dominan adalah kehendak bebas
dengan 5,665. Karena dari keseluruhan variabelnya t tabel kehendak bebas
yang paling tinggi.