PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PECAHAN BIASA DI KELAS IV MIN 3 PONTIANAK KOTA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Rustanuarsi, Ressi
dc.contributor.author NURTAQWA, RHANITE SEPTIYA
dc.date.accessioned 2025-01-08T00:47:57Z
dc.date.available 2025-01-08T00:47:57Z
dc.date.issued 2024-12-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5633
dc.description.abstract RHANITE SEPTIYA NURTAQWA (12010154). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pecahan Biasa di Kelas IV MIN 3 Pontianak Kota. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi pecahan biasa di kelas IV MIN 3 Pontianak Kota. 2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi pecahan biasa di kelas IV MIN 3 Pontianak Kota. 3) Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada mater pecahan biasa di kelasIV MIN 3 Pontianak Kota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MIN 3 Pontianak. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVA sebanyak 38 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebanyak 38 peserta didik sebagai kelas control. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda dan dokumentasi. Analisis data berupa analisis instrumen dan analisis deskriptif serta uji MannWhitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan model Problem Based Learning (PBL) diperoleh nilai rata-rata pre test 49,73 dan nilai rata- rata post test 67,63. 2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) diperoleh nilai rata-rata pre test 47,63 dan nilai rata-rata post test 81,84. 3) Berdasarkan hasil analisis Uji Mann Whitney pada nilai pre test dan post test kelas Eksperimen diperoleh nilai (sig) sebesar 0,03 < 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pecahan biasa di kelas IV MIN 3 Pontianak Kota. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Model en_US
dc.subject Problem Based Learning (PBL) en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PECAHAN BIASA DI KELAS IV MIN 3 PONTIANAK KOTA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account