PENGARUH MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT MENGGUNAKAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MIN 3 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.advisor Nugraha, Muhammad Tisna
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author Pratiwi, Ziva Alifia
dc.date.accessioned 2025-01-06T00:47:24Z
dc.date.available 2025-01-06T00:47:24Z
dc.date.issued 2025-12-12
dc.identifier.citation Apa Style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5612
dc.description.abstract ZIVA ALIFIA PRATIWI. Pengaruh Model Team Games Tournament Menggunakan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di MIN 3 Pontianak. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika, khususnya pada materi pembagian bilangan desimal. Untuk mengatasi masalah ini, maka dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model Team Games Tournament menggunakan Media Question Card. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : 1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak diterapkan Model Team Games Tournament menggunakan Media Question Card . 2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang diterapkan Model Team Games Tournament menggunakan Media Question Card . 3) Pengaruh Model Team Games Tournament menggunakan Media Question Card . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas V MIN 3 Pontianak. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VA dan VB. Alat Pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa : Uji Instrumen, Uji Deskriptif, Uji Prasyarat, dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil belajar peserta didik yang tidak menerapkan model Team Games Tournament menggunakan media Question Card pada kelas kontrol masih tergolong rendah dengan nilai rata- rata pretest 62,10 dan nilai rata-rata posttest 75,78. 2) Hasil belajar peserta didik yang menerapkan model Team Games Tournament menggunakan media Question Card pada kelas eksperimen adanya peningkatan dengan nilai rata-rata pretest 60,55 dan nilai rata-rata posttest 84,16. 3) Berdasarkan hasil hasil uji analisis Mann Whitney pada skor pretest dan posttest kelas eksperimen bahwa didapatkan nilai (sig) sebesar 0,001 < dari 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka terdapat pengaruh penerapan model Team Games Tournament Menggunakan Media Question Card terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas V di MIN 3 Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Team Games Tournament en_US
dc.subject Question Card en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT MENGGUNAKAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MIN 3 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account