dc.description.abstract |
ZIVA ALIFIA PRATIWI. Pengaruh Model Team Games Tournament
Menggunakan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di MIN 3 Pontianak. Program
Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta
didik pada mata pelajaran Matematika, khususnya pada materi pembagian
bilangan desimal. Untuk mengatasi masalah ini, maka dilakukan perbaikan
pembelajaran dengan menerapkan model Team Games Tournament
menggunakan Media Question Card. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan : 1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak
diterapkan Model Team Games Tournament menggunakan Media Question
Card . 2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang diterapkan Model
Team Games Tournament menggunakan Media Question Card . 3) Pengaruh
Model Team Games Tournament menggunakan Media Question Card .
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian
pada penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Nonequivalent
Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas
V MIN 3 Pontianak. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VA
dan VB. Alat Pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda dan
dokumentasi. Teknik analisis data berupa : Uji Instrumen, Uji Deskriptif, Uji
Prasyarat, dan Uji Hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil belajar peserta didik
yang tidak menerapkan model Team Games Tournament menggunakan
media Question Card pada kelas kontrol masih tergolong rendah dengan nilai
rata- rata pretest 62,10 dan nilai rata-rata posttest 75,78. 2) Hasil belajar
peserta didik yang menerapkan model Team Games Tournament
menggunakan media Question Card pada kelas eksperimen adanya
peningkatan dengan nilai rata-rata pretest 60,55 dan nilai rata-rata posttest
84,16. 3) Berdasarkan hasil hasil uji analisis Mann Whitney pada skor pretest
dan posttest kelas eksperimen bahwa didapatkan nilai (sig) sebesar 0,001 <
dari 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka terdapat pengaruh
penerapan model Team Games Tournament Menggunakan Media Question
Card terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika
kelas V di MIN 3 Pontianak. |
en_US |