Abstract:
Zhara Zhetira (12003128) Analisis Faktor Determinan Penerimaan Teknologi Informasi Markeplace Pada UMKM di Kota Pontianak Dengan Model UTAUT. Skripsi: Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2024.
Penggunaan teknologi informasi (TI) dalam bisnis, khususnya di sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), telah menjadi sangat penting dalam beberapa tahun terakhir. Diharapkan bahwa UMKM di Pontianak dapat memanfaatkan platform digital untuk meningkatkan akses pasar dan komunikasi dengan pelanggan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh beberapa faktor dari model UTAUT, yaitu performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan facilitating conditions terhadap penerimaan teknologi informasi marketplace oleh UMKM di Kota Pontianak. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pemanfaatan teknologi informasi dapat menciptakan strategi yang efektif untuk peningkatan kinerja UMKM.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner tertutup yang disebarkan kepada responden di Kota Pontianak, dengan pengukuran data menggunakan skala Likert. Hasil dari penelitian ini memberikan gambaran yang jelas mengenai Performance expectancy, effort expectancy, sosial influence dan facilitating condition yang di peroleh dari pengguna teknologi informasi dalam bisnis mereka.