PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PEMBELAJARAN IPAS MATERI MASA SEBELUM UANG DITEMUKAN KELAS IV SDN 20 POTIANAK SELATAN

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sulaiman, Sulaiman
dc.contributor.advisor Budi, Firman Shantya
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.advisor Janah, Roikhatul
dc.contributor.author MITA, MITA
dc.date.accessioned 2024-12-31T01:16:52Z
dc.date.available 2024-12-31T01:16:52Z
dc.date.issued 2024-12-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5600
dc.description.abstract MITA, Pengaruh Model Problem Based Learnig (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Masa Sebelum Uang Ditemukan Kelas IV SDN 20 Pontianak Selatan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK),Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SDN 20 Pontianak Selatan. Tujuan penelitian ini untuk Mendeskripsikan: 1) Mendeskripsikan hasil belajar sebelum diterapkan model Problem Based Learning ( PBL) pada pembelajaran IPAS materi Masa Sebelum Uang Ditemukan kelas IV SDN 20 Pontianak Selatan; 2) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik setelah digunakan model Problem Based Learning ( PBL) pada pembelajaran IPAS Materi Masa Sebelum Uang Ditemukan kelas IV SDN 20 Pontianak Selatan; 3) Mendeskripsikan pengaruh model Problem Based Learning ( PBL) pada pembelajaran IPAS materi Masa Sebelum Uang diemukan kelas IV di SDN 20 Pontianak Selatan kelas IV di SDN 20 Pontianak Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis rancangan eksperimentasi Quasi Experimental dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini keseluruhan dari kelas IVA dan kelas IVB yang berjumlah 50 peserta didik, sample dipilih dengan menggunakan Teknik Sample random sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa tes tertulis pilihan ganda, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data penelitian maka peneliti menguji Uji Deskriptif, Uji Normalitas dan Homogenitas kepada data pre-test dan post-test, setelah diuji data yang diperoleh berdistribusi normal dan homogen maka dilanjutkan dengan Uji Hipotesis yang mengunakan Uji mann whitney. Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut; 1) Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Masa Sebelum Uang Ditemukan sebelum mengunakan model Problem Based Learning ( PBL) Kelas IV SDN 20 Pontianak Selatan adalah rata - rata pre-test kelas kontrol adalah 57,2 dan rata - rata pre-test kelas eksperimen adalah 62; 2) Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Masa Sebelum Uang Ditemukan sesudah menggunakan model Problem Based Learning ( PBL) Kelas IV SDN 20 Pontianak Selatan untuk nilai rata- rata post-test kelas kontrol adalah 61,6 dan nilai rata- rata post-test kelas eksperimen adalah 85,6; 3) Terdapat pengaruh pengunaan model Problem Based Learning ( PBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Masa Sebelum Uang Ditemukan Kelas IV SDN 20 Pontianak Selatan. Hal ini ditunjukan dari hasil Uji Mann Withney data pre-test dan post-test eksperimen diperoleh nilai sig. (2- tailed ) 0,00 < 0,05, Maka, hipotesis alternatif (Ha) di terima dan hipotesis nol (H0) ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Problem Based Learning ( PBL) en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject IPAS en_US
dc.title PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PEMBELAJARAN IPAS MATERI MASA SEBELUM UANG DITEMUKAN KELAS IV SDN 20 POTIANAK SELATAN en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account