PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MEDIA PUTASIKUNG (PAPAN ULAR TANGGA STIK BERHITUNG )

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.advisor Achmad, Faisal
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.author WINDA, WINDA
dc.date.accessioned 2024-12-30T02:59:07Z
dc.date.available 2024-12-30T02:59:07Z
dc.date.issued 2024-12-04
dc.identifier.citation Apa style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5595
dc.description.abstract WINDA. Pengaruh Pendekatan Saintifik Menggunakan Media PUTASIKUNG (Papan Ular Tangga Stik Berhitung). Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak,2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Kontrol Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan di SD Negeri 09 Pontianak Barat. 2) Penggunaan media pembelajaran PUTASIKUNG pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan di kelas III SDN 09 Pontianak Barat. 3) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan di SDN 09 Pontianak Barat. 4) Pengaruh pendekatan saintifik berbantuan media PUTASIKUNG terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan penguranagan di SDN 09 Pontianak Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen semu ( Quasi eksperimental risealch) dengan design The Non – Equivalent Control Grup Design. Adapun lokasi penelitian yaitu di SDN 09 Pontianak Barat. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar soal (Pre-Test -Post-Test) dan lembar observasi. Serta untuk pengolahan data dengan menggunakan Aplikasi Software SPSS Versi 26 dengan Uji Analisis Regresi sederhana. Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan :1) Penggunaa media pembelajaran PUTASIKUNG pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan di kelas III SD Negeri 09 Pontianak Barat telah dilakukan sesuai dengan aspek yang diamati dalam lembar observasi. 2) Hasil belajar dikelas kontrol pada saat pretest memperoleh rata-rata 78,7 dengan kategori baik dan pada saat postest memperoleh rata-rata 84 dengan kategori sangat baik.3) Hasil belajar dikelas eksperimen pada saat pretest memperoleh rata-rata 83,6 dengan kategori sangat baik dan pada saat postest memperoleh rata-rata 92,8 dengan kategori sangat baik. 4) Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kelas kontrol dan kelas eksperimen artinya pengaruha pendekatan saintifik berbantuan media PUTASIKUNG terhadap hasil belajar dikelas eksperimen memberikan pengaruh dengan kategori sedang terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas III SD Negeri 09 Pontianak Barat. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Matematika en_US
dc.subject Media PUTASIKUNG en_US
dc.subject Pedekatan Saintifik en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MEDIA PUTASIKUNG (PAPAN ULAR TANGGA STIK BERHITUNG ) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account