dc.description.abstract |
EVA ERNITIA, Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) Peserta didik Kelas III Di SDN 33 Pontianak Tahun Ajaran 2024/2025: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak,2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: pertama, hasil belajar pre-test dan post-test pesrta didik yang tidak menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran IPAS di SDN 33 Pontianak Barat tahun ajaran 2024/2025. Kedua, hasil belajar pre-test dan post-test peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran IPAS di SDN 33 Pontianak Barat tahun ajaran 2024/2025. Ketiga, pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di SDN 33 Pomtianak Barat tahun ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan metode penillaian eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan desain kelompok kontrol pretest dan posttest. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas III di SDN 33 Pontianak Barat yang terdiri dari 2 kelas semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 55 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunajan teknik sampling jenuh. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Data dianalisa dengan menggunakan uji analisis item,uji normalitas,dan homogenitas menggunakan aplikasi SPSS.
Berdasarkan analisis data pada penelitian ini dapat disimpulkan : pertama nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen pada materi mari kenali hewan di sekitar yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning adalah 87,71. Kedua, nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol materi mari kenali hewan di sekitar yang diajarkan dengan media konvensional adalah 77,77. Ketiga, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada pelajaran IPAS. Karena berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai Asymp.Sig sebesar 0,00 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, terdapat pengaruh Penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata poelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) kelas III di SDN 33 Pontianak Barat tahun ajaran 2024/2025. |
en_US |