dc.description.abstract |
ICI LESTARI (11910164), Uji Kelayakan, Kepraktisan Dan Keefektifan Aplikasi
Bahan Ajar Tematik Multimodal Berbasis Android Pada Tema 6 Kelas V Sekolah
Dasar Negeri 03 Pontianak Timur. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024.
Penelitian ini di latar belakangi oleh persoalan bahan ajar atau studi yang
dilakukan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan aplikasi tersebut dapat
meningkatkan kepraktisan, keefektifan, kelayakan pembelajaran pada siswa kelas
V Sekolah Dasar Negeri 03 Pontianak Timur, terutama pada tema 6 yang sedang
dipelajari. Dan memiliki latar belakang yang berkaitan dengan penggunaan
teknologi dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan FourDModel, yang terdiri dari 4 tahap. Tahap yang pertaman yaitu tahap Define
(penetapan); yang kedua tahap Desain (perancang); yang ketiga tahap Develop
(pengembangan); dan yang terakhir keempat tahap Disseminate (penyebarluasan).
Sumber data pada penelitian ini adalah dua dosen ahli media atau materi, guru kelas
V, dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Pontianak Timur. Kemudian data
penelitian dikumpulkan menggunakan lembar instrumen, lembar soal pilihan
ganda, dan dokumentasi. Dan tehnik pengumpulan data dilakukan melalui tiga
tahap ,tahap yang pertama yaitu studi pendahuluan, lanjut ketahap kedua yaitu
pengembangan prototype, dan yang terakhir yaitu tahap uji. Berdasarkan data dan hasil uji dapat disimpulkan bahwa sebagai berikut:
Penggunaan aplikasi tematik multimodal berbasis android dalam pembelajaran
sangat membantu siswa dalam proses pembelajaran. Hasil rata-rata komulatif yang
didapat dari uji Kelayakan yaitu 3,91 maka bahan ajar yang dibuat dikateorikan
yaitu Sangat Layak, selanjutnya rata-rata komulatif yang didapat dari Uji
Kepraktisan yaitu 3,93 pada penelitian sebelumnya pada penelitian lanjutan nilai
yang didapat dari Uji Kepraktisan yaitu 3,86 maka bahan ajar yang dibuat
dikategorikan yaitu Sangat Praktis, dan yang terakhir Uji Keefektifan bahan ajar
yang dikembangkan sesuai dengan hasil Uji t (beda) didapat nilai t hitung sebesar -
12,62075996 dan nilai t tabel sebesar 2,045229642. Maka sesuai dengan kriteria uji
yang telah ditetapkan, dengan nilai t hitung -12,62075996 < nilai t tabel
2,045229642 disimpulkan bahwa Hipotesis awal diterima karena terdapat pengaruh
yang signifikan dari Aplikasi Bahan Ajar Tematik Multimodal Berbasis Android
dalam pembelajaran. Dari keempat hal tersebut membuktikan bahwa Bahan Ajar
Tematik Multimodal Berbasis Android pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Kelas
V, Baik, layak, praktis, serta efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. |
en_US |