UJI KELAYAKAN, KEPRAKTISAN DAN KEEFEKTIFAN APLIKASI BAHAN AJAR TEMATIK MULTIMODAL BERBASIS ANDROID PADA TEMA 6 KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 03 PONTIANAK TIMUR

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Mahrani, Mahrani
dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author Lestari, Ici
dc.date.accessioned 2024-12-27T01:05:25Z
dc.date.available 2024-12-27T01:05:25Z
dc.date.issued 2024-10-30
dc.identifier.citation APA style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5582
dc.description.abstract ICI LESTARI (11910164), Uji Kelayakan, Kepraktisan Dan Keefektifan Aplikasi Bahan Ajar Tematik Multimodal Berbasis Android Pada Tema 6 Kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Pontianak Timur. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024. Penelitian ini di latar belakangi oleh persoalan bahan ajar atau studi yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan aplikasi tersebut dapat meningkatkan kepraktisan, keefektifan, kelayakan pembelajaran pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Pontianak Timur, terutama pada tema 6 yang sedang dipelajari. Dan memiliki latar belakang yang berkaitan dengan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan FourDModel, yang terdiri dari 4 tahap. Tahap yang pertaman yaitu tahap Define (penetapan); yang kedua tahap Desain (perancang); yang ketiga tahap Develop (pengembangan); dan yang terakhir keempat tahap Disseminate (penyebarluasan). Sumber data pada penelitian ini adalah dua dosen ahli media atau materi, guru kelas V, dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Pontianak Timur. Kemudian data penelitian dikumpulkan menggunakan lembar instrumen, lembar soal pilihan ganda, dan dokumentasi. Dan tehnik pengumpulan data dilakukan melalui tiga tahap ,tahap yang pertama yaitu studi pendahuluan, lanjut ketahap kedua yaitu pengembangan prototype, dan yang terakhir yaitu tahap uji. Berdasarkan data dan hasil uji dapat disimpulkan bahwa sebagai berikut: Penggunaan aplikasi tematik multimodal berbasis android dalam pembelajaran sangat membantu siswa dalam proses pembelajaran. Hasil rata-rata komulatif yang didapat dari uji Kelayakan yaitu 3,91 maka bahan ajar yang dibuat dikateorikan yaitu Sangat Layak, selanjutnya rata-rata komulatif yang didapat dari Uji Kepraktisan yaitu 3,93 pada penelitian sebelumnya pada penelitian lanjutan nilai yang didapat dari Uji Kepraktisan yaitu 3,86 maka bahan ajar yang dibuat dikategorikan yaitu Sangat Praktis, dan yang terakhir Uji Keefektifan bahan ajar yang dikembangkan sesuai dengan hasil Uji t (beda) didapat nilai t hitung sebesar - 12,62075996 dan nilai t tabel sebesar 2,045229642. Maka sesuai dengan kriteria uji yang telah ditetapkan, dengan nilai t hitung -12,62075996 < nilai t tabel 2,045229642 disimpulkan bahwa Hipotesis awal diterima karena terdapat pengaruh yang signifikan dari Aplikasi Bahan Ajar Tematik Multimodal Berbasis Android dalam pembelajaran. Dari keempat hal tersebut membuktikan bahwa Bahan Ajar Tematik Multimodal Berbasis Android pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Kelas V, Baik, layak, praktis, serta efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Uji en_US
dc.subject Bahan Ajar en_US
dc.subject Multimodal en_US
dc.title UJI KELAYAKAN, KEPRAKTISAN DAN KEEFEKTIFAN APLIKASI BAHAN AJAR TEMATIK MULTIMODAL BERBASIS ANDROID PADA TEMA 6 KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 03 PONTIANAK TIMUR en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account