dc.description.abstract |
LILI NOVIA, Pengaruh Metode Inkuiri Berbantuan Media Tangga Pintar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Satuan Panjang di Kelas IV SDN 12 Pontianak Timur Tahun Pelajaran 2022/2023. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Intstitut Agama Islam Negri (IAIN) Pontianak, 2023.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) Hasil belajar peserta didik kelas IV yang diajar menggunakan metode inkuiri berbantuan media tangga pintar: 2) Hasil belajar peserta didik kelas IV yang tidak diajar menggunakan metode inkuiri berbantuan media tangga pintar: 3) Signifikansi penggunaan metode inkuiri berbantuan media tangga pintar dan : 4) Besar pengaruh metode inkuiri berbantuan media tangga pintar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, metode penelitian quasi eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Lokasi penelitian ini bertempat di SDN 12 Pontianak Timur. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas IV SDN 12 Pontianak Timur sebanyak dua kelas dan sampel yang digunakan adalah kelas IVA (kelas kontrol) menggunakan metode konvensional tidak diberi perlakuan dan IVB (kelas eksperimen) diberi perlakuan dengan menggunakan metode inkuiri berbantuan media tangga pintar SDN 12 Pontianak Timur. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling yaitu claster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan dokumentasi. Sebelum dilakukan penelitian dilakukan uji validitas dan realibilitas. Teknik analisis datanya meliputi analisis deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan independent sampel test, dengan uji asumsi (normalitas dan homogen).
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan: 1) Hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan metode inkuri berbantuan media tangga pintar diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 71, 13 dengan kategori (baik) dan post-test kelas eksperimen adalah 87,5 dengan kategori (sangat baik) : 2) Hasil belajar peserta didik yang tidak diajar menggunakan metode inkuiri berbantuan media tangga pintar diperoleh rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 63,38 dengan kategori (baik) dan post-test kelas kontrol adalah 74,2 dengan kategori (baik) : 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode inkuiri berbantuan media tangga pintar terhadap hasil belajar peserta didik dan :4) Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode inkuiri berbantuan media tangga pintar terhadap hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar yang meningkat dan hasil uji t independen test diperoleh data mean difference sebesar 28,61. |
en_US |