Abstract:
YUMITA SARI, 12001219. “Relasi Orang Tua dengan Guru Pendidikan Agama
Islam dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik SMP Negeri 2 Sungai
Kakap Kab. Kubu Raya” Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi
Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini di latarbelakangi dari fenomena yang terjadi tentang
keringnya hubungan orang tua dengan guru PAI dalam memberikan pembinaan
karakter religius peserta didik. Semestinya orang tua dengan guru PAI harus saling
bekerja sama untuk membentuk karakter religius peserta didik menjadi tanggung
jawab bersama.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Bentuk relasi orang tua
dengan guru PAI dalam membina karakter religius peserta didik, 2) Bentuk
pembinaan orang tua dengan guru PAI dalam membina karakter religius peserta
didik, 3) Faktor pendukung dan penghambat orang tua dengan guru PAI dalam
membina karakter religius peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dengan
model Miles dan Huberman yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Secara umum bentuk rellasi yang
dilakukan orang tula delngan gulrul PAI terdiri dari tiga bentuk yaitu: relasi
interpersonal, relasi dinamika kelompok, dan relasi antar kelompok. Secara khusus
relasi orang tua dengan guru PAI adalah: Rapat orang tua dan guru PAI, Surat
Melnyulrat, Komulnikasi mellaluli WA Grup/Pribadi, Pertemuan khusus orang tua dan
guru PAI. 2) Belntulk pelmbinaan orang tula delngan gulrul PAI dalam membina
karakter religius peserta didik secara khusus belum efektif. Namun program
keagamaan disekolah sudah direalisasikan seperti kegiatanl sholat dzulhulr
be
lrjamaah, elkstrakulrikullelr rohis, pe
lrayaan hari belsar islam dan adanya pelsantreln
kilat yang dilakulkan selcara rultin setiap tahun (Ramadhan). 3) Faktor pendukungnya
adalah: adanya kesadaran guru, adanya kesadaran orang tua, dan kemauan yang
kuat dari peserta didik. Faktor penghambat nya adalah: keterbatasan komunikasi
antara orang tua dengan guru, partisipasi orang tua yang rendah, dan ketidaksesuain
proiritas guru dan orang tua.