RELASI ORANG TUA DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 SUNGAI KAKAP KAB. KUBU RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.author Sari, Yumita
dc.date.accessioned 2024-12-24T01:55:51Z
dc.date.available 2024-12-24T01:55:51Z
dc.date.issued 2024-11-29
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) Style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5570
dc.description.abstract YUMITA SARI, 12001219. “Relasi Orang Tua dengan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik SMP Negeri 2 Sungai Kakap Kab. Kubu Raya” Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini di latarbelakangi dari fenomena yang terjadi tentang keringnya hubungan orang tua dengan guru PAI dalam memberikan pembinaan karakter religius peserta didik. Semestinya orang tua dengan guru PAI harus saling bekerja sama untuk membentuk karakter religius peserta didik menjadi tanggung jawab bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Bentuk relasi orang tua dengan guru PAI dalam membina karakter religius peserta didik, 2) Bentuk pembinaan orang tua dengan guru PAI dalam membina karakter religius peserta didik, 3) Faktor pendukung dan penghambat orang tua dengan guru PAI dalam membina karakter religius peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dengan model Miles dan Huberman yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Secara umum bentuk rellasi yang dilakukan orang tula delngan gulrul PAI terdiri dari tiga bentuk yaitu: relasi interpersonal, relasi dinamika kelompok, dan relasi antar kelompok. Secara khusus relasi orang tua dengan guru PAI adalah: Rapat orang tua dan guru PAI, Surat Melnyulrat, Komulnikasi mellaluli WA Grup/Pribadi, Pertemuan khusus orang tua dan guru PAI. 2) Belntulk pelmbinaan orang tula delngan gulrul PAI dalam membina karakter religius peserta didik secara khusus belum efektif. Namun program keagamaan disekolah sudah direalisasikan seperti kegiatanl sholat dzulhulr be lrjamaah, elkstrakulrikullelr rohis, pe lrayaan hari belsar islam dan adanya pelsantreln kilat yang dilakulkan selcara rultin setiap tahun (Ramadhan). 3) Faktor pendukungnya adalah: adanya kesadaran guru, adanya kesadaran orang tua, dan kemauan yang kuat dari peserta didik. Faktor penghambat nya adalah: keterbatasan komunikasi antara orang tua dengan guru, partisipasi orang tua yang rendah, dan ketidaksesuain proiritas guru dan orang tua. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Relasi Orang Tua dengan Guru PAI en_US
dc.subject Membina Karakter Religius en_US
dc.subject Peserta Didik en_US
dc.title RELASI ORANG TUA DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 SUNGAI KAKAP KAB. KUBU RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account