PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA DAKON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 29 SUNGAI RAYA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author MAULIANI, ZULFA TRI
dc.date.accessioned 2024-12-20T08:47:01Z
dc.date.available 2024-12-20T08:47:01Z
dc.date.issued 2024-11-26
dc.identifier.citation Apa Style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5557
dc.description.abstract ZULFA TRI MAULIANI, Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Media Dakon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 29 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2023/2024: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan Model pembelajaran Direct Instruction berbantuan Media Dakon pada Materi Satuan Panjang; 2) Langkah-langkah Penerapan Model pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Media Dakon pada Materi Satuan Panjang; 3) Hasil belajar peserta didik sesudah diterapkan Model pembelajaran Direct Instruction berbantuan Media Dakon pada Materi Satuan Panjang; 4) Peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan Model pembelajaran Direct Instruction berbantuan Media Dakon pada Materi Satuan Panjang pada mata pelajaran Matematika di SDN 29 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian bertempat di SDN 29 Sungai Raya dengan sumber data adalah 23 peserta didik kelas III. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa soal essay, lembar observasi, dan lembar kelengkapan dokumen. Analisis data berupa analisis persentase dan mean. Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: pada prasiklus, rata-rata hasil belajar kelas III sebesar 51,30 dengan peserta didik yang dinyatakan tuntas sebanyak 6 orang dengan persentase ketuntasan 26,09%. Penelitian ini dilakukan 2 siklus, pada refleksi siklus 1 diperbaiki pada siklus 2. Berdasarkan hasil observasi pada siklus 1 yaitu terdapat 19 dari 23 langkah- langkah pembelajaran yang terlaksanakan dengan persentase 82,6%, sedangkan pada siklus 2 terdapat 22 dari 23 langkah-langkah pembelajaran yang terlaksanakan dengan persentase 95,6%. Pada siklus 1 memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 62,17 dengan ketuntasan sebesar 56,52%, sedangkan pada siklus 2 memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 73,91, dengan ketuntasan sebesar 86,96%. Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan Model pembelajaran Direct Instruction berbantuan Media Dakon pada Materi Satuan Panjang mata pelajaran Matematika kelas III yaitu pada pra siklus ketuntasan klasikal peserta didik sebesar 26,09%, pada siklus 1 meningkat menjadi 56,52%, pada siklus 2 meningkat menjadi 86,96%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Model en_US
dc.subject Direct Instruction en_US
dc.subject Media en_US
dc.subject Dakon en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA DAKON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 29 SUNGAI RAYA TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account