dc.description.abstract |
ZULFA TRI MAULIANI, Penerapan Model Pembelajaran Direct
Instruction Berbantuan Media Dakon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta
Didik Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 29 Sungai Raya Tahun Pelajaran
2023/2024: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar
peserta didik sebelum diterapkan Model pembelajaran Direct Instruction
berbantuan Media Dakon pada Materi Satuan Panjang; 2) Langkah-langkah
Penerapan Model pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Media Dakon pada
Materi Satuan Panjang; 3) Hasil belajar peserta didik sesudah diterapkan Model
pembelajaran Direct Instruction berbantuan Media Dakon pada Materi Satuan
Panjang; 4) Peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah
diterapkan Model pembelajaran Direct Instruction berbantuan Media Dakon pada
Materi Satuan Panjang pada mata pelajaran Matematika di SDN 29 Sungai Raya
Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan
kuantitatif. Lokasi penelitian bertempat di SDN 29 Sungai Raya dengan sumber
data adalah 23 peserta didik kelas III. Teknik pengumpulan data berupa tes,
observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa soal essay, lembar
observasi, dan lembar kelengkapan dokumen. Analisis data berupa analisis
persentase dan mean.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa:
pada prasiklus, rata-rata hasil belajar kelas III sebesar 51,30 dengan peserta didik
yang dinyatakan tuntas sebanyak 6 orang dengan persentase ketuntasan 26,09%.
Penelitian ini dilakukan 2 siklus, pada refleksi siklus 1 diperbaiki pada siklus 2.
Berdasarkan hasil observasi pada siklus 1 yaitu terdapat 19 dari 23 langkah-
langkah pembelajaran yang terlaksanakan dengan persentase 82,6%, sedangkan
pada siklus 2 terdapat 22 dari 23 langkah-langkah pembelajaran yang
terlaksanakan dengan persentase 95,6%. Pada siklus 1 memperoleh nilai rata-rata
kelas sebesar 62,17 dengan ketuntasan sebesar 56,52%, sedangkan pada siklus 2
memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 73,91, dengan ketuntasan sebesar
86,96%. Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah
diterapkan Model pembelajaran Direct Instruction berbantuan Media Dakon pada
Materi Satuan Panjang mata pelajaran Matematika kelas III yaitu pada pra siklus
ketuntasan klasikal peserta didik sebesar 26,09%, pada siklus 1 meningkat
menjadi 56,52%, pada siklus 2 meningkat menjadi 86,96%. |
en_US |