EFEKTIVITAS METODE BISIK BERANTAI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PADA KELAS IV MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 34 PONTIANAK KOTA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosdiawan, Ridwan
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.advisor Yusriadi, Yusriadi
dc.contributor.advisor Resvan, Resvan
dc.contributor.author WAHYUDI, IMAM
dc.date.accessioned 2024-12-10T06:41:18Z
dc.date.available 2024-12-10T06:41:18Z
dc.date.issued 2024-09-30
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5524
dc.description.abstract IMAM WAHYUDI. Efektivitas Metode Bisik Berantai Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Kelas IV Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SD Negeri 34 Pontianak Kota. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Penerapan metode bisik berantai dalam meningkatkan keterampilan menyimak pada kelas IV mata pelajaran bahasa Indonesia. 2) Efektivitas metode bisik berantai dalam meningkatkan keterampilan menyimak pada kelas IV mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 34 Pontianak Kota. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan dan menganalisis permasalahan yang ditemukan. Sumber penelitian yang digunakan yaitu sumber primer dan sekunder. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan metode bisik berantai dalam meningkatkan keterampilan menyimak pada kelas IV mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 34 Pontianak Kota belum berjalan dengan baik dalam artian bahwa: guru baru pertama kali menerapkan metode bisik berantai, guru menerapkan metode yang berbeda yaitu melalui gerakan tubuh, guru dalam menerapkan metode tersebut sama-sama bertujuan agar guru dapat meningkatkan keterampilan peserta didik. 2) Efektivitas metode bisik berantai dalam meningkatkan keterampilan menyimak pada kelas IV mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 34 Pontianak Kota telah dilakukan dengan: efektivitas kritis-konsentratif guru melatih peserta didik berfikir kritis, efektivitas kreatif-eksploratif guru melatih peserta didik untuk lebih kreatif, efektivitas interogatif-selektif guru melatih peserta didik menggunakan kalimat dan kosakata baru. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Metode Bisik Berantai en_US
dc.subject Keterampilan Menyimak en_US
dc.subject Bahasa Indonesia en_US
dc.title EFEKTIVITAS METODE BISIK BERANTAI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PADA KELAS IV MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 34 PONTIANAK KOTA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account