dc.description.abstract |
IMAM WAHYUDI. Efektivitas Metode Bisik Berantai Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Kelas IV Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SD Negeri 34 Pontianak Kota. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Penerapan metode bisik berantai dalam meningkatkan keterampilan menyimak pada kelas IV mata pelajaran bahasa Indonesia. 2) Efektivitas metode bisik berantai dalam meningkatkan keterampilan menyimak pada kelas IV mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 34 Pontianak Kota.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan dan menganalisis permasalahan yang ditemukan. Sumber penelitian yang digunakan yaitu sumber primer dan sekunder. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan metode bisik berantai dalam meningkatkan keterampilan menyimak pada kelas IV mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 34 Pontianak Kota belum berjalan dengan baik dalam artian bahwa: guru baru pertama kali menerapkan metode bisik berantai, guru menerapkan metode yang berbeda yaitu melalui gerakan tubuh, guru dalam menerapkan metode tersebut sama-sama bertujuan agar guru dapat meningkatkan keterampilan peserta didik. 2) Efektivitas metode bisik berantai dalam meningkatkan keterampilan menyimak pada kelas IV mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 34 Pontianak Kota telah dilakukan dengan: efektivitas kritis-konsentratif guru melatih peserta didik berfikir kritis, efektivitas kreatif-eksploratif guru melatih peserta didik untuk lebih kreatif, efektivitas interogatif-selektif guru melatih peserta didik menggunakan kalimat dan kosakata baru. |
en_US |