Abstract:
MUHAMMAD RUBAI : Pembelajaran Moderasi Beragama Melalui
Materi Kunci Kerukunan Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Xii Ma
Husnul Yaqin Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketidakseimbangan antara kebutuhan
untuk mempertahankan identitas keagamaan dan kurangnya pemahaman
tentang agama-agama lain sehingga terjadi ketidakseimbangan anatara
keyakinan dengan toleransi perbedaan, sehingga banyak timbul tindakan
rasis yang mengejek perbedaan agama atau suku orang lain dan menganggap
hanya kepercayaan sendiri yang benar.Maka tujuan peneliti yaitu
memberikan kontribusi terhadapa perkembangan pembelajaran moderasi
beragama pada mata pelajaran akidah akhlak serta memberikan dampak
positif terhadap tingkah dan pemahaman siswa yang dapat diaplikasikan
dalam kehidupan sehari hari bahkan ketika menghadapi permasalah yang
menyangkut hal tersebut.
Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Husnul Yaqin Pontianak
Jl,parwasal dalam gg,melati II. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif serta metode pengumpulan data yang
digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Teknik keabsahan yang
digunakan adalah triangulasi dan member check
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa: 1)relevansi moderasi
beragama dengan materi kunci kerukuna mata pelajaran akidah akhlak pada
dasarnya membentuk karakter yang memliki moral etika, sopan santun dan
toleransi terhadap perbedaan, serta relevansi dalam materi dengan salah satu
nilai moderasi beragama yaitu tasamuh (toleransi), tawasshut (moderat)
musawah (sama derajat), ukhuwah (persaudaraan). 2) Langkah langkah yang
dilakukan oleh guru Ma Husnul Yaqin dapat dilihat dari RPP, pada proses
pembelajaran dan juga dan juga evaluasi yang memuat nilai moderasi
beragama, 4) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penelitian ini
adalah kesiapan guru dalam segala hal baik materi serta lainnya kedua
keaktifan siswa mengikuti pembelajaran dan sekolah yang mempersiapkan
alat belajar seperti lks dan lain lain dan faktor penghambat nya yaitu
kenakalan siswa, gadget dan lingkungan yang mempunya pengaruh besar
terhadap siswa.