PEMBELAJARAN MODERASI BERAGAMA MELALUI MATERI KUNCI KERUKUNAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS XII MADRASAH ALIYAH HUSNUL YAQIN PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Fitriyanto, Andry
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.advisor Syamhadi, Syamhadi
dc.contributor.author RUBAI, MUHAMMAD
dc.date.accessioned 2024-12-09T07:31:08Z
dc.date.available 2024-12-09T07:31:08Z
dc.date.issued 2024-11-19
dc.identifier.citation APA Style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5505
dc.description.abstract MUHAMMAD RUBAI : Pembelajaran Moderasi Beragama Melalui Materi Kunci Kerukunan Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Xii Ma Husnul Yaqin Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024 Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketidakseimbangan antara kebutuhan untuk mempertahankan identitas keagamaan dan kurangnya pemahaman tentang agama-agama lain sehingga terjadi ketidakseimbangan anatara keyakinan dengan toleransi perbedaan, sehingga banyak timbul tindakan rasis yang mengejek perbedaan agama atau suku orang lain dan menganggap hanya kepercayaan sendiri yang benar.Maka tujuan peneliti yaitu memberikan kontribusi terhadapa perkembangan pembelajaran moderasi beragama pada mata pelajaran akidah akhlak serta memberikan dampak positif terhadap tingkah dan pemahaman siswa yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari bahkan ketika menghadapi permasalah yang menyangkut hal tersebut. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Husnul Yaqin Pontianak Jl,parwasal dalam gg,melati II. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif serta metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Teknik keabsahan yang digunakan adalah triangulasi dan member check Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa: 1)relevansi moderasi beragama dengan materi kunci kerukuna mata pelajaran akidah akhlak pada dasarnya membentuk karakter yang memliki moral etika, sopan santun dan toleransi terhadap perbedaan, serta relevansi dalam materi dengan salah satu nilai moderasi beragama yaitu tasamuh (toleransi), tawasshut (moderat) musawah (sama derajat), ukhuwah (persaudaraan). 2) Langkah langkah yang dilakukan oleh guru Ma Husnul Yaqin dapat dilihat dari RPP, pada proses pembelajaran dan juga dan juga evaluasi yang memuat nilai moderasi beragama, 4) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penelitian ini adalah kesiapan guru dalam segala hal baik materi serta lainnya kedua keaktifan siswa mengikuti pembelajaran dan sekolah yang mempersiapkan alat belajar seperti lks dan lain lain dan faktor penghambat nya yaitu kenakalan siswa, gadget dan lingkungan yang mempunya pengaruh besar terhadap siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Moderasi beragama en_US
dc.subject buku ajar en_US
dc.subject akidah akhlak en_US
dc.title PEMBELAJARAN MODERASI BERAGAMA MELALUI MATERI KUNCI KERUKUNAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS XII MADRASAH ALIYAH HUSNUL YAQIN PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account