FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS I SDN 06 SELOBAT KECAMATAN SELAKAU TIMUR KABUPATEN SAMBAS

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusriadi, Yusriadi
dc.contributor.advisor Mutmainnah, Fitri
dc.contributor.advisor Mujahidah, Nelly
dc.contributor.advisor Janah, Roikhatul
dc.contributor.author Safitri, Milda
dc.date.accessioned 2024-12-06T09:03:28Z
dc.date.available 2024-12-06T09:03:28Z
dc.date.issued 2024-11-08
dc.identifier.citation Apa style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5499
dc.description.abstract MILDA SAFITRI ( 12010099). Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan pada Peserta Didik Kelas I SDN 06 Selobat Kecamatan Selakau Timur Kabupaten Sambas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Pontianak: 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Faktor internal penghambat membaca permulaan pada peserta didik kelas I SDN 06 Selobat Kecamatan Selakau Timur Kabupaten Sambas. 2) Faktor eksternal yang menghambat pembelajaran membaca permulaan pada peserta didik kelas I SDN 06 Selobat Kecamatan Selakau Timur Kabupaten Sambas. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara dengan guru wali kelas dan orangtua peserta didik dan teknik dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini: 1) Faktor internal penghambat membaca permulaan pada peserta didik dua yaitu faktor jasmani dan faktor psikologis. Faktor jasmani menjadi penghambat membaca permulaan pada peserta didik kelas I di SDN 06 Selobat Kecamatan Selakau Timur Kabupaten Sambas. Karena daya ingat dan respon peserta didik di SDN 06 Selobat masih terbilang sangat kurang. Beberapa peserta didik yang kurang tangkap daya ingatan dan kurang merespon pada saat belajar membaca. Faktor psikologis juga menjadi penghambat membaca permulaan pada peserta didik kelas I SDN 06 Selobat. Karena kebiasaan belajar, bakat, minat, emosi, motivasi dan rasa percaya diri yang masih sangat kurang. Tidak sedikit dari peserta didik yang kekurangan motivasi, hingga timbulnya rasa malas dan mudah bosan atau jenuh untuk belajar membaca permulaan. 2) Faktor eksternal penghambat membaca permulaan pada peserta didik terdapat dua faktor yaitu faktor keluarga dan faktor sekolah. Keluarga kurang bimbingan dan dorongan dari orangtua karena kesibukan orangtua dalam bekerja. Orangtua tidak memiliki waktu lebih untuk memperhatikan anaknya belajar, tidak memberikan motivasi serta perhatian anaknya dalam belajar membaca permulaan. Faktor sekolah menjadi penghambat dalam membaca permulaan pada peserta didik kelas I SDN 06 Selobat. Media pembelajaran dan fasilitas sekolah yang diaplikasikan oleh guru kurang memadai sehingga peserta didik kurang tertarik dan tidak bersemangat. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Membaca Permulaan en_US
dc.subject Peserta Didik en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.title FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS I SDN 06 SELOBAT KECAMATAN SELAKAU TIMUR KABUPATEN SAMBAS en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account