Abstract:
YESSIE PRATIWI, Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi terhadap
Perkembangan Kognitif pada Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Lanjak
Kecamatan Batang LuparKabupaten Kapuas Hulu : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Insitut Agama Islam
Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui
perkembangan kognitif kelas eksperimen. 2) Untuk mengetahui perkembangan
kognitif kelas kontrol. 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode
demonstrasi terhadap perkembangan kognitif pada anak kelompok B di TK Negeri
Pembina Lanjak Kecamatan Batang Lupar Kabupaten Kapuas Hulu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis
peneslitian Quast Eksperiment dengan desaian Control group posttest, lokasi
penelitian ini di TK Negeri Pembina Lanjak. Populasi penelitian ini seluruh siswa
kelompok B1 dan B2 berjumlah 40 anak dengan sampel kelompok B1 20 anak
kelompok B2 berjumlah 20 anak. Variabel bebas pada penelitian yaitu pengaruh
metode demonstrasi sedangkan variabel terikat yaitu perkembangan kognitif. Teknik
dalam pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan wawancara. Instrumen
pengumpulan data yang digunakan lembar penilaian cheklist dan dokumen
pendukung Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif
(modus, median, mean, varians dan standar devisiasi), uji prasyarat analisis
(normalitas), dan analisis statistik inferensial (parametrik uji paired sampel t-test).
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: (1)
perkembangan kognitif kelas eksperimen dapat diketahui hasil post test kelas
eksperimen dengan nilai maksimum sebesar 91, nilai minimum sebesar 80, nilai
mean sebesar 86,05, nilai median sebesar 86, nilai modus sebesar 83, varians sebesar
12,11 dan akar dari nilai varians sebesar 3,47. menunjukan rata-rata penilaian
checklist peseta didik kelas eksperimen pada penilaian post-test adalah sebesar
86,05. (2) Perkembangan kognitif kelas kontrol hasil post test kelas kontrol dengan
nilai maksimum sebesar 58, nilai minimum sebesar 41, nilai mean sebesar 47,85,
nilai median sebesar 50, nilai modus sebesar 44, varians sebesar 19,155 dan akar dari
nilai varianssebesar 4,37. menujukan rata-rata penilian checklist peserta didik dikelas
kontrol pada nilai posttest di peroleh rata-rata sebesar 47,85. (3) terdapat pengaruh
yang signifikan dari penggunaan metode demonstrasi terhadap perkembangan
kognitif anak berdasarkan uji Paired sampel t-test sebesar 0,001<0,05maka dapat
disimpulkan HO ditolak dan Ha diterima.