PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAk KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA LANJAK KECAMATAN BATANG LUPAR KABUPATEN KAPUAS HULU

Show simple item record

dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.advisor Azzahra, Nurma Annisa
dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Harriska, Harriska
dc.contributor.author Pratiwi, Yessie
dc.date.accessioned 2024-12-05T07:11:46Z
dc.date.available 2024-12-05T07:11:46Z
dc.date.issued 2024-10-22
dc.identifier.citation APA style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5493
dc.description.abstract YESSIE PRATIWI, Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi terhadap Perkembangan Kognitif pada Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Lanjak Kecamatan Batang LuparKabupaten Kapuas Hulu : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui perkembangan kognitif kelas eksperimen. 2) Untuk mengetahui perkembangan kognitif kelas kontrol. 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap perkembangan kognitif pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Lanjak Kecamatan Batang Lupar Kabupaten Kapuas Hulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis peneslitian Quast Eksperiment dengan desaian Control group posttest, lokasi penelitian ini di TK Negeri Pembina Lanjak. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelompok B1 dan B2 berjumlah 40 anak dengan sampel kelompok B1 20 anak kelompok B2 berjumlah 20 anak. Variabel bebas pada penelitian yaitu pengaruh metode demonstrasi sedangkan variabel terikat yaitu perkembangan kognitif. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan wawancara. Instrumen pengumpulan data yang digunakan lembar penilaian cheklist dan dokumen pendukung Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif (modus, median, mean, varians dan standar devisiasi), uji prasyarat analisis (normalitas), dan analisis statistik inferensial (parametrik uji paired sampel t-test). Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: (1) perkembangan kognitif kelas eksperimen dapat diketahui hasil post test kelas eksperimen dengan nilai maksimum sebesar 91, nilai minimum sebesar 80, nilai mean sebesar 86,05, nilai median sebesar 86, nilai modus sebesar 83, varians sebesar 12,11 dan akar dari nilai varians sebesar 3,47. menunjukan rata-rata penilaian checklist peseta didik kelas eksperimen pada penilaian post-test adalah sebesar 86,05. (2) Perkembangan kognitif kelas kontrol hasil post test kelas kontrol dengan nilai maksimum sebesar 58, nilai minimum sebesar 41, nilai mean sebesar 47,85, nilai median sebesar 50, nilai modus sebesar 44, varians sebesar 19,155 dan akar dari nilai varianssebesar 4,37. menujukan rata-rata penilian checklist peserta didik dikelas kontrol pada nilai posttest di peroleh rata-rata sebesar 47,85. (3) terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode demonstrasi terhadap perkembangan kognitif anak berdasarkan uji Paired sampel t-test sebesar 0,001<0,05maka dapat disimpulkan HO ditolak dan Ha diterima. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Metode Demonstrasi en_US
dc.subject Perkembangan Kognitif. en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAk KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA LANJAK KECAMATAN BATANG LUPAR KABUPATEN KAPUAS HULU en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account