Abstract:
WIWI NURWANI. 12011521. Pengembangan Permainan Tradisional Engklek untuk
Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pembina
Pulau Maya. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan permainan
tradisional engklek , 1) bagaimanakah proses define, 2) bagaimanakah proses design, 3)
bagaimanakah proses development, 4) bagaimanakah proses disseminate dalam
mengembangkan media pembelajaran “ Permainan Tradisional Engklek”.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau research and
development model 4D yakni define, design, development, dan disseminate. Teknik yang
digunakan dalam pengambilan data adalah teknik wawancara, expert judgement,
kuesioner, serta dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan datanya adalah lembar
wawancara, lembar validasi, lembar kuesioner, dan lembar rencana pelaksanaan
pembelajaran harian.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka hasil penelitian disimpulkan bahwa, 1)
proses define media pembelajaran permainan tradisional engklek melakukan tiga
tahapan pendefinisian di sekolah lokasi peneliti yaitu analisis awal, analisis peserta
didik, dan analisis materi . Peserta didik cenderung menyukai pembelajaran dengan
media yang nyata ditampilkan karena anak usia dini sejatinya belajar secara konkrit, 2)
proses design yaitu perancangan media pembelajaran berupa permainan tradisional
engklek yang dikembangkan, dari penentuan bentuk engklek, sampai dengan rancangan
desainnya, 3) proses development adalah pengembangan media pembelajaran permainan
tradisional engklek pada validator ahli media dan materi yakni, validator ahli media
untuk buku pedoman mendapatkan nilai sebesar 84,28% dan media permainan
tradisional engklek mendapatkan nilai sebesar 90% dari rentang 1-5 dalam skala likert
dan termasuk kategori baik sekali. Sedangkan validator ahli materi nilai rata-rata untuk
buku pedoman 100% dan media permainan tradisional engklek mendapatkan nilai ratarata 83,63% dari rentang 1-5 dalam skala likert juga termasuk kategori baik sekali. 4)
proses disseminate peneliti menyebarluaskan hasil pengembangan media ke sekolah
tempat penelitian dengan mendapatkan respon positif dari pihak sekolah, nilai rata-rata
yang didapatkan di sekolah tempat penelitian adalah 92% dari rentang 1-5 dalam skala
likert sehingga mendapatkan kategori baik sekali.