PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PEMBINA PULAU MAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Aditya, Farninda
dc.contributor.advisor Hamzah, Nur
dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.author NURWANI, WIWI
dc.date.accessioned 2024-12-05T04:35:58Z
dc.date.available 2024-12-05T04:35:58Z
dc.date.issued 2024-10-21
dc.identifier.citation APA style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5488
dc.description.abstract WIWI NURWANI. 12011521. Pengembangan Permainan Tradisional Engklek untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pembina Pulau Maya. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Pontianak, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan permainan tradisional engklek , 1) bagaimanakah proses define, 2) bagaimanakah proses design, 3) bagaimanakah proses development, 4) bagaimanakah proses disseminate dalam mengembangkan media pembelajaran “ Permainan Tradisional Engklek”. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau research and development model 4D yakni define, design, development, dan disseminate. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah teknik wawancara, expert judgement, kuesioner, serta dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan datanya adalah lembar wawancara, lembar validasi, lembar kuesioner, dan lembar rencana pelaksanaan pembelajaran harian. Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka hasil penelitian disimpulkan bahwa, 1) proses define media pembelajaran permainan tradisional engklek melakukan tiga tahapan pendefinisian di sekolah lokasi peneliti yaitu analisis awal, analisis peserta didik, dan analisis materi . Peserta didik cenderung menyukai pembelajaran dengan media yang nyata ditampilkan karena anak usia dini sejatinya belajar secara konkrit, 2) proses design yaitu perancangan media pembelajaran berupa permainan tradisional engklek yang dikembangkan, dari penentuan bentuk engklek, sampai dengan rancangan desainnya, 3) proses development adalah pengembangan media pembelajaran permainan tradisional engklek pada validator ahli media dan materi yakni, validator ahli media untuk buku pedoman mendapatkan nilai sebesar 84,28% dan media permainan tradisional engklek mendapatkan nilai sebesar 90% dari rentang 1-5 dalam skala likert dan termasuk kategori baik sekali. Sedangkan validator ahli materi nilai rata-rata untuk buku pedoman 100% dan media permainan tradisional engklek mendapatkan nilai ratarata 83,63% dari rentang 1-5 dalam skala likert juga termasuk kategori baik sekali. 4) proses disseminate peneliti menyebarluaskan hasil pengembangan media ke sekolah tempat penelitian dengan mendapatkan respon positif dari pihak sekolah, nilai rata-rata yang didapatkan di sekolah tempat penelitian adalah 92% dari rentang 1-5 dalam skala likert sehingga mendapatkan kategori baik sekali. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pengembangan, en_US
dc.subject permainan tradisional engklek en_US
dc.subject motorik kasar en_US
dc.title PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PEMBINA PULAU MAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account