Abstract:
WIWIK RAHAYU. 12001234. “Strategi Guru PAI Dalam Proses
Belajar Mengajar Dengan Menggunakan Metode Card Sort Pada Peserta Didik
di Sekolah Dasar Negeri 06 Taetukong Mandor Landak.” Skripsi. Pontianak.
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam,
Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya strategi guru PAI dalam
proses belajar mengajar dengan menggunakan card sort pada peserta didik di
SDN 06 taetukong, Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu
Pendidikan strategi guru PAI.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Persiapan guru PAI
dalam proses pembelajaran di kelas IV peserta didik di Sdn 06 Taetukong
2)Pelaksanaan startegi pembelajaran guru PAI dalam proses pembelajaran 3)
Pelaksanaan evaluasi guru PAI dalam proses pembelajaran materi iman kepada
malaikat.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti
menggunakan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa : (1) Persiapan guru PAI dalam Proses Pembelajaran di
kelas IV di SDN 06 Taetukong; mempersiapkan (RPP), mengadakan rapat dan
pembinaan untuk guru-guru serta melakukan evaluasi terkait kegiatan
pembelajaran dan Penyusunan (RPP) 2) Pelaksanaan strategi card sort yang
dilakukan oleh guru PAI di SDN 06 Taetukong; menggunakan pembiasaan
berdoa, membaca surat-surat pendek dan menghafal ayat-ayat al-Qur’an,
Sedangkan implikasi dari strategi metode card sord yang diterapkan pada materi
iman kepada malaikat dari segi perilaku (akhlak) siswa, keimanan terhadap
malaikat dapat melahirkan sikap dan perilaku sebagai berikut: a). Iman
bertambah kuat; b). Selalu berhati-hati dalam setiap perbuatan, perkataan,
maupun niat; c). Menambah ketaatan beribadah; d). Motivasi kedisiplinan dan
ketaatan; e). Kontrol diri dari perilaku negatif; f). Nilai responsibilitas. 3)
Evaluasi yang dilakukan oleh guru PAI dalam proses Pembelajaran materi Iman
Kepada Malaikat: dengan menggunakan tes tulis, tes lisan, dan penilaian sikap.