PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DIBANTU MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS V MIN 2 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.author Rasada, Arina
dc.date.accessioned 2024-11-22T02:03:07Z
dc.date.available 2024-11-22T02:03:07Z
dc.date.issued 2024-10-16
dc.identifier.citation Apa Style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5452
dc.description.abstract ARINA RASADA. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair and Share dibantu Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran IPS Pada Peserta Didik Kelas V MIN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. ​Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS, khususnya pada materi interaksi sosial dan interaksi manusia dengan lingkungan. Untuk mengatasi masalah ini, maka dilakukan perbaikan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Think Pair and Share dibantu Media Flash Card. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum penerapan model pembelajaran Think Pair and Share dibantu media Flash Card. 2) Penerapan model pembelajaran Think Pair and Share dibantu media Flash Card. 3) Hasil belajar peserta didik setelah penerapan model Think Pair and Share dibantu media Flash Card. 4) Peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Think Pair and Share dibantu media Flash Card. ​Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 2 Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis data rata-rata (mean) dan persentase. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MIN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 40 peserta didik. ​Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share dibantu media Flash Card memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 64 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 35%; 2) Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajara Think Pair and Share dibantu media Flash card pada siklus I nilai rata-rata belajar yaitu 85 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 75% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yakni 91 dengan persentase 95%. 3) Terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share dibantu media Flash Card pada peserta didik kelas V MIN 2 Pontianak dalam Mata pelajaran IPS tahun pelajaran 2023/2024. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair and Share dibantu Media Flash Card dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Hasil belajar en_US
dc.subject Think Pair and Share en_US
dc.subject Media Flash Card en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DIBANTU MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS V MIN 2 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account