Abstract:
SRI MATA SARI (11901175). Penerapan Metode Reading Aloud Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas XI MIPA 5 di MAN 1 Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an sebelum Menerapkan Metode Reading Aloud pada mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas XI MIPA 5 di MAN 1 Pontianak; 2) Proses pembelajaran dengan menggunakan Metode Reading Aloud dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas XI MIPA 5 di MAN 1 Pontianak; 3) Hasil pembelajaran setelah menerapkan metode Reading Aloud pada mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas XI MIPA 5 di MAN 1 Pontianak.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dalam satu siklus terdapat satu pertemuan, dan setiap siklus terbagi menjadi 4 langkah, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA 5 di MAN 1 Pontianak yang berjumlah 38 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) sebelum menggunakan metode reading aloud ini siswa hanya mampu menyimak saja dengan baik saat proses pembelajaran; 2) perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan penutup; 3) Setelah menerapkan metode Reading Aloud ini kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an meningkat dilihat dari bacaan siswa yang sudah membaik dan benar, sewaktu pembelajaran siswa tidak terlalu banyak sibuk sendiri dan terfokus saat pelajaran dilaksanakan.
Pada siklus I berjumlah 50% Kurang Lancar (KL) masuk dalam kategori cukup. Sedangkan pada siklus II Nilai keseluruhan siswa dari nilai rata-rata sebesar 79% Lancar dalam membaca Al-Qur’an (L) dan masuk kedalam kategori baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode Reading Aloud dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an