PENERAPAN METODE READING ALOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA Al-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN Al-QUR’AN HADITS KELAS XI MIPA 5 DI MAN 1 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Handini, Agus
dc.contributor.advisor Salim, Salim
dc.contributor.advisor Nor Hasanah, Sayyidah
dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.author Sari, Sri Mata
dc.date.accessioned 2024-11-18T08:49:25Z
dc.date.available 2024-11-18T08:49:25Z
dc.date.issued 2024-10-25
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5442
dc.description.abstract SRI MATA SARI (11901175). Penerapan Metode Reading Aloud Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas XI MIPA 5 di MAN 1 Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an sebelum Menerapkan Metode Reading Aloud pada mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas XI MIPA 5 di MAN 1 Pontianak; 2) Proses pembelajaran dengan menggunakan Metode Reading Aloud dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas XI MIPA 5 di MAN 1 Pontianak; 3) Hasil pembelajaran setelah menerapkan metode Reading Aloud pada mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas XI MIPA 5 di MAN 1 Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dalam satu siklus terdapat satu pertemuan, dan setiap siklus terbagi menjadi 4 langkah, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA 5 di MAN 1 Pontianak yang berjumlah 38 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) sebelum menggunakan metode reading aloud ini siswa hanya mampu menyimak saja dengan baik saat proses pembelajaran; 2) perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan penutup; 3) Setelah menerapkan metode Reading Aloud ini kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an meningkat dilihat dari bacaan siswa yang sudah membaik dan benar, sewaktu pembelajaran siswa tidak terlalu banyak sibuk sendiri dan terfokus saat pelajaran dilaksanakan. Pada siklus I berjumlah 50% Kurang Lancar (KL) masuk dalam kategori cukup. Sedangkan pada siklus II Nilai keseluruhan siswa dari nilai rata-rata sebesar 79% Lancar dalam membaca Al-Qur’an (L) dan masuk kedalam kategori baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode Reading Aloud dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kemampuan Membaca Al-Qur’an en_US
dc.subject Metode Reading Aloud en_US
dc.title PENERAPAN METODE READING ALOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA Al-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN Al-QUR’AN HADITS KELAS XI MIPA 5 DI MAN 1 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account