Abstract:
Isra Rattu Tayani, Penggunaan Strategi Card Sort Terhadap
Keaktifan Belajar Lisan Pada Siswa Kelas VIII di MTsN 3 Sanggau Tahun
Pelajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi
Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perencanaan
pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan menggunakan strategi Card Sort
untuk meningkatkan keaktifan lisan siswa dikelas VIII MTsN 3 Sanggau. 2)
Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Hadits untuk meningkatkan keaktifan
lisan siswa dengan menggunakan strategi Card Sort dikelas VIII MTsN 3
Sanggau. 3) Evaluasi keaktifan belajar lisan siswa dengan menggunakan
strategi Card Sort dikelas VIII A MTsN 3 Sanggau.
Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,
dan refleksi. Sumber data utama yang digunakan yaitu peserta didik kelas
VIII A Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Sanggau. Untuk memperoleh data
keaktifan lisan siswa digunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi.
Dengan alat pengumpulan data berupa lembar observasi. Untuk menganalisis
data, peneliti menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan
Pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan menggunakan Strategi Card Sort
untuk meningkatkan Keaktifan lisan siswa dikelas VIII MTsN 3 Sanggau,
Perencanaan pembelajaran prasiklus presentase mencapai 31% masuk
penilain kategori cukup. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Hadits
Untuk Meningkatkan Keaktifan Lisan Siswa Dengan Menggunakan Strategi
Card Sort Dikelas VIII MTsN 3 Sanggau, pelaksanaan pembelajaran siklus I
dalam kategori baik dengan presentase mencapai 64%, Siklus II mencapai
persentase 80% masuk dalam penilaian dalam kategori sangat baik. 3)
Evaluasi Keaktifan Belajar Lisan Siswa dengan Menggunakan Strategi Card
Sort Dikelas VIII MTsN 3 Sanggau, Perencanaan pembelajaran prasiklus
presentase mencapai 31% masuk penilain kategori cukup, pelaksanaan
pembelajaran siklus I dalam kategori baik dengan presentase mencapai 64%,
siklus II dengan tiga mencapai persentase 80%.