Abstract:
DIANA PANGESTITI. 12005008. Pengaruh Konten Instagram
@kakcuan.official Terhadap Minat Beli Followers di Kota Pontianak.:
Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab
dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Kakcuan.official adalah salah satu konten kreator pada platform
media sosial instagram yang membuat konten berupa review kuliner yang
ada di Kota Pontianak. Konten tersebut dapat memberikan banyak komentar
dari para followers nya. Mayoritas komentar yang disampaikan berisi
tentang menanyakan tempat, minat ingin mencoba, testimoni rasa serta
harga. Adanya komentar tersebut, followers akun @kakcuan.official
berkeinginan untuk merasakan dan membeli produk kuliner yang diunggah
pada akun tersebut. Dari hal itu, penelitian ini diteliti untuk mengetahui
serta menjelaskna apa pengaruh yang dihasilkan dari konten yang diunggah
oleh akun instagram @kakcuan.official terhadap minat beli followers di
Kota Pontianak
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
survei. Sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Dalam
pengambilan sampel, menggunakan teknik non probabilitysampling dengan
metode purposive sampling, dimana sampel yang diambil dipilih sesuai
dengan kriteria yang telah ditentukan yaitu followers @kakcuan.official.
Data yang diperoleh dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas,
analisis uji asumsi klasik dan uji hipotesis dilakukan dengan analisis regresi
linear sederhana.
Berdasarkan hasil dari perhitungan yang telah dilakukan peneliti,
diketahui nilai konstanta 1.527 dan nilai b adalah 0.950. selain hasil dari
analisis regresi linear sederhana, data ini juga menampilkan nilai signifikan
dengan ketentuan yang ada. Dari tabel regresi tersebut, diketahui nilai
signifikan 0.000 < 0.05, maka terdapat pengaruh yang signifikan antara
konten instagram dengan minat beli followers, berdasarkan nilai t hitung
11.146 > t tabel 1.987 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X
(Konten Instagram) berpengaruh terhadap variabel Y (Minat Beli
Followers). faktor yang siginifikan dalam mempengaruhi minat beli adalah
minat eksploratif. Dimana dilihat dari data, yang menjawab setuju sebanyak
116 orang pada variabel minat beli followers