Abstract:
APRIANTO. pengaruh penerapan Strategi video critical/coment terhadap aktivitas
belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IV di MIS Miftahul Ulum Kubu
Raya tahun ajaran 2022/2023. Jurusan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program
Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024.
Latar belakang dalam penelitian ini bahwa seputar penggunaan media video
pembelajaran adalah tentang ketersediaan media pembeljaran di sekolah dan tingkat
kemampuan guru itu sendiri dalam menggunakan penggunaan media pembelajaran
tersebut. Kenyataan dilapangaan menunjukan bahwa tidak semua sekolah
menyediakan media pembelajaran yang ,memadai untuk menunjang keberhasilan
proses belajar mengajar. Walaupun ada, terkadang guru tidak mampu untuk
menggunakan atau memanfaatkannya secara maksimal. Oleh sebab itu guru dituntut
untuk mampu menciptakan, memanfaatkan, memilih dan menggunakan media berupa
video dengan tepat. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui
aktivitas siswa kelas IV mengunakan Strategi Media video critical/coment pada mata
pelajaran Akidah Akhlak di MIS Miftahul Ulum Kabupaten Kubu Raya Tahun
Pelajaran 2022/2023, 2) mengetahui pengaruh yang signifikan aktivitas belajar siswa
kelas IV dengan menggunakan Strategi Media Video Critical/Coment pada mata
pelajaran Akidah Akhlak di MIS Mifthul Ulum Kabupaten Kubu Raya 2022/2023.
Jenis penelitian ini dengan menggunakan metode ekperimen. Pendekatakan
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus
statistik.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa:
1) kegiatan yang dilakukan peneliti dalam kegiatan proses pembelajaran telah
dilakukan sesuai dengan langkah-langkah penerapan strategi Video Critical/Coment,
Sebagian besar siswa lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran terutama
materi adab bergaul terhadap teman dalam kehidupan sehari-hari, 2) Terdapat
pengaruh penerapan strategi media Video Critical/Coment terhadap aktivitas belajar
siswa kelas IV pada mata pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MIS Miftahul Ulum
Kabupaten Kubu Raya. Hal ini ditunjukan hasil dari uji paired sample t-test dengan
nilai signifikansi sebesar 0,00 <taraf signifikansi 0,05maka Ha diterima dan Ho
ditolak.