PENGARUH PENERAPAN MEDIA VISUAL VIDEO CRITCAL/COMENT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MIS MIFTAHUL ULUM KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Syamhadi, Syamhadi
dc.contributor.author APRIANTO, APRIANTO
dc.date.accessioned 2024-11-15T05:44:24Z
dc.date.available 2024-11-15T05:44:24Z
dc.date.issued 2024-10-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5434
dc.description.abstract APRIANTO. pengaruh penerapan Strategi video critical/coment terhadap aktivitas belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IV di MIS Miftahul Ulum Kubu Raya tahun ajaran 2022/2023. Jurusan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024. Latar belakang dalam penelitian ini bahwa seputar penggunaan media video pembelajaran adalah tentang ketersediaan media pembeljaran di sekolah dan tingkat kemampuan guru itu sendiri dalam menggunakan penggunaan media pembelajaran tersebut. Kenyataan dilapangaan menunjukan bahwa tidak semua sekolah menyediakan media pembelajaran yang ,memadai untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Walaupun ada, terkadang guru tidak mampu untuk menggunakan atau memanfaatkannya secara maksimal. Oleh sebab itu guru dituntut untuk mampu menciptakan, memanfaatkan, memilih dan menggunakan media berupa video dengan tepat. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui aktivitas siswa kelas IV mengunakan Strategi Media video critical/coment pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MIS Miftahul Ulum Kabupaten Kubu Raya Tahun Pelajaran 2022/2023, 2) mengetahui pengaruh yang signifikan aktivitas belajar siswa kelas IV dengan menggunakan Strategi Media Video Critical/Coment pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MIS Mifthul Ulum Kabupaten Kubu Raya 2022/2023. Jenis penelitian ini dengan menggunakan metode ekperimen. Pendekatakan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus statistik. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) kegiatan yang dilakukan peneliti dalam kegiatan proses pembelajaran telah dilakukan sesuai dengan langkah-langkah penerapan strategi Video Critical/Coment, Sebagian besar siswa lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran terutama materi adab bergaul terhadap teman dalam kehidupan sehari-hari, 2) Terdapat pengaruh penerapan strategi media Video Critical/Coment terhadap aktivitas belajar siswa kelas IV pada mata pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MIS Miftahul Ulum Kabupaten Kubu Raya. Hal ini ditunjukan hasil dari uji paired sample t-test dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 <taraf signifikansi 0,05maka Ha diterima dan Ho ditolak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi video critical/coment terhadap aktivitas belajar en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MEDIA VISUAL VIDEO CRITCAL/COMENT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MIS MIFTAHUL ULUM KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account