Abstract:
Chi-Chi Fitriani, Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Pada
Peserta Didik Melalui Program Kegiatan Malam Bina Iman Dan Taqwa (Mabit) Di
MTS Al-Irsyad Pontianak Timur, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program
Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak, 2024.
Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan: pertama, nilai-nilai karakter religius
yang diimplementasikan melalui program kegiatan malam bina iman dan taqwa
(Mabit) di MTS Al-Irsyad Pontianak Timur. Kedua, langkah-langkah implementasi
nilai-nilai pendidikan karakter religius pada peserta didik melalui program kegiatan
malam bina iman dan taqwa (Mabit) di MTS Al-Irsyad Pontianak Timur. Ketiga,
mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi nilai-nilai
pendidikan karakter religius pada peserta didik melalui program kegiatan malam
bina iman dan taqwa (Mabit) di MTS Al-Irsyad Pontianak Timur.
Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan
berupa observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi.
Setelah dilakukan analisis data, maka peneliti mendapatkan hasil diantaranya
bahwa: pertama nilai-nilai karakter religius yang diimplementasikan melalui
program kegiatan malam bina iman dan taqwa (Mabit) di Mts Al-Irsyad Pontianak
timur mencakup nilai ibadah, akhlak dan disiplin yang sesuai dengan ajaran islam.
Kedua langkah-langkah implementasi nilai-nilai Pendidikan karakter religius pada
peserta didik melalui program kegiatan malam bina iman dan taqwa (Mabit) di
MTS Al-Irsyad Pontianak Timur telah melakukan beberapa kegiatan yang
dilaksanakan dengan baik diantaranya melalui adanya kesepakatan, membangun
pemahaman, menyusun rencana kegiatan, mengintegrasikan karakter, menentukan
pendekatan dan metode yang jelas, sosialisasi karakter, menentukan indikator,
melakukan evaluasi dan memberikan apresiasi. Ketiga, faktor-faktor yang
mempengaruhi implementasi nilai-nilai Pendidikan karakter religius pada peserta
didik melalui program kegiatan Mabit di MTS Al-Irsyad Pontianak Timur terdapat
dua factor yang mempengaruhi yaitu factor pendukung berupa internal adanya
kesadaran dan antusias peserta didik sedangkan berupa eksternal adanya kerjasama
yang baik antara guru, pembina kegiatan, orang tua wali siswa serta dari pihak
yayasan dan faktor penghambat berupa internal rendahnya kesadaran perilaku
religius peserta didik sedangkan berupa eksternal kurangnya waktu pelaksanaan
kegiatan sehingga pelaksanaan kegiatan menjadi kurang optimal.