IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM KEGIATAN MALAM BINA IMAN DAN TAQWA (MABIT) DI MTS AL-IRSYAD PONTIANAK TIMUR

Show simple item record

dc.contributor.advisor Misdah, Misdah
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Djarot, Muchammad
dc.contributor.author Fitriani, Chi-Chi
dc.date.accessioned 2024-11-14T00:49:52Z
dc.date.available 2024-11-14T00:49:52Z
dc.date.issued 2024-10-16
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5429
dc.description.abstract Chi-Chi Fitriani, Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Pada Peserta Didik Melalui Program Kegiatan Malam Bina Iman Dan Taqwa (Mabit) Di MTS Al-Irsyad Pontianak Timur, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan: pertama, nilai-nilai karakter religius yang diimplementasikan melalui program kegiatan malam bina iman dan taqwa (Mabit) di MTS Al-Irsyad Pontianak Timur. Kedua, langkah-langkah implementasi nilai-nilai pendidikan karakter religius pada peserta didik melalui program kegiatan malam bina iman dan taqwa (Mabit) di MTS Al-Irsyad Pontianak Timur. Ketiga, mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi nilai-nilai pendidikan karakter religius pada peserta didik melalui program kegiatan malam bina iman dan taqwa (Mabit) di MTS Al-Irsyad Pontianak Timur. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan berupa observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Setelah dilakukan analisis data, maka peneliti mendapatkan hasil diantaranya bahwa: pertama nilai-nilai karakter religius yang diimplementasikan melalui program kegiatan malam bina iman dan taqwa (Mabit) di Mts Al-Irsyad Pontianak timur mencakup nilai ibadah, akhlak dan disiplin yang sesuai dengan ajaran islam. Kedua langkah-langkah implementasi nilai-nilai Pendidikan karakter religius pada peserta didik melalui program kegiatan malam bina iman dan taqwa (Mabit) di MTS Al-Irsyad Pontianak Timur telah melakukan beberapa kegiatan yang dilaksanakan dengan baik diantaranya melalui adanya kesepakatan, membangun pemahaman, menyusun rencana kegiatan, mengintegrasikan karakter, menentukan pendekatan dan metode yang jelas, sosialisasi karakter, menentukan indikator, melakukan evaluasi dan memberikan apresiasi. Ketiga, faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi nilai-nilai Pendidikan karakter religius pada peserta didik melalui program kegiatan Mabit di MTS Al-Irsyad Pontianak Timur terdapat dua factor yang mempengaruhi yaitu factor pendukung berupa internal adanya kesadaran dan antusias peserta didik sedangkan berupa eksternal adanya kerjasama yang baik antara guru, pembina kegiatan, orang tua wali siswa serta dari pihak yayasan dan faktor penghambat berupa internal rendahnya kesadaran perilaku religius peserta didik sedangkan berupa eksternal kurangnya waktu pelaksanaan kegiatan sehingga pelaksanaan kegiatan menjadi kurang optimal. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pendidikan Karakter Nilai en_US
dc.subject Karakter Religius en_US
dc.subject Program Kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit) en_US
dc.title IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM KEGIATAN MALAM BINA IMAN DAN TAQWA (MABIT) DI MTS AL-IRSYAD PONTIANAK TIMUR en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account