PENERAPAN MEDIA PAPAN NAPIER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SDN 34 PONTIANAK KOTA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Budi, Firman Shantya
dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.author Fitriani, Fari Ramadhaniah
dc.date.accessioned 2024-11-12T02:32:17Z
dc.date.available 2024-11-12T02:32:17Z
dc.date.issued 2024-10-16
dc.identifier.citation Apa Style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5422
dc.description.abstract FARI RAMADHANIAH FITRIANI, Penerapan Media Papan Napier Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Matematika Kelas III Di SDN 34 Pontianak Kota: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan Papan Napier pada mata pelajaran Matematika materi perkaliaan kelas III di SDN 34 Pontianak Kota tahun ajaran 2023/2024; 2) Langkah-langkah penggunaan Papan Napier pada mata pelajaran Matematika materi perkalian kelas III di SDN 34 Pontianak Kota tahun ajaran 2023/2024; 3) Hasil belajar peserta didik sesudah menggunakan Papan Napier pada pelajaran Matematika materi perkalian kelas III di SDN 34 Pontianak Kota tahun ajaran 2023/2024; 4) Peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah digunakan Papan Napier pada mata pelajaran Matematika materi perkalian kelas III di SDN 34 Pontianak Kota tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur yang digunakan ada 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar soal, lembar observasi, dokumentasi. Analisis data berupa analisis mean dan persentase.. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) rata – rata hasil belajar matematika sebelum diterapkan media Papan Napier yang mana peserta didik mendapatkan nilai di atas KKM 70 sebanyak 5 orang atau 16,67% dan peserta didik yang tidak tuntas dengan KKM 70 Sebanyak 25 orang atau 83,33% dengan nilai rata-rata kemampuan berhitung peserta didik sebesar 52,38.(2) penerapan media Papan Napier terdiri dari tahap mengkondisikan bahwa peserta didik siap mengikuti pelajaran kemudian tahap pelaksanaan telah berhasil dilakukan sesuai dengan langkah-langkah penggunaan media papan napier. Dilakukan refleksi dari siklus pertama ke siklus kedua; (3) setelah dilakukan tindakan Menunjukan terjadi peningkatan kemampuan berhitung peserta didik pada setiap siklus. Pada siklus I rata – rata kemampuan berhitung peserta didik sebesar 78,67 dengan jumlah peserta didik yang tuntas yaitu 70,00%. Pada siklus II rata – rata kemampuan berhitung peserta didik sebesar 89,27 dengan jumlah peserta didik yang tuntas yaitu 93,33%; (4) terdapat peningkatan kemampuan peserta didik materi perkalian kelas III di SDN 34 Pontianak Kota yaitu dengan persentase ketuntasan pada prasiklus (16,67%) ke siklus II (93,33%) meningkat sebesar 76,66%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Media Papan Napier en_US
dc.title PENERAPAN MEDIA PAPAN NAPIER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SDN 34 PONTIANAK KOTA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account