dc.description.abstract |
DIANA SARI APRIANTI. Pengaruh Penerapan Strategi Everyone Is A Teacher Here Dibantu Metode Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Materi Interaksi Sosial Di MIN 1 Filial Pontianak Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk: (1) Memaparkan nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol pada materi interaksi sosial di MIN 1 Filial Pontianak (2) Memaparkan nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen pada materi interaksi sosial di MIN 1 Filial Pontianak (3) Memaparkan pengaruh dari penerapan strategi Everyone Is A Teacher Here dibantu Metode Talking Stick pada materi interaksi sosial di MIN 1 Fillial Pontianak
Pada penelitian ini, metode yang digunakan ialah metode eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Design penelitian ini ialah Control Grup Pretest-Posttest yang melakukan tes di awal kemudian melakukan tes di akhir pada subjek penelitian. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling (sampel bertujuan) dengan jumlah sampel sebanyak 78 peserta didik.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: (1) Kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 41,38 dan post-test sebesar 73,69 (2) Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 44,36 dan post-test sebesar 82,31 (3) Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji hipotesis untuk melihat apakah terdapat pengaruh pada strategi yang digunakan peneliti menggunakan uji Mann-Whitney yang memperoleh nilai asymp. Sig(2-tailed) sebesar 0,011 <0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Hipotesis yang diterima memberikan arti bahwa strategi yang diterapkan pada penelitian ini mempunyai pengaruh pada hasil belajar peserta didik. |
en_US |