Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Mempertahankan Kemerdekaan Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SDN 14 Pontianak Kota Tahun Ajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Lubis, Putri Handayani
dc.contributor.advisor Asmiati, Syarifah
dc.contributor.author Yanti, Febbi
dc.date.accessioned 2024-11-11T04:19:10Z
dc.date.available 2024-11-11T04:19:10Z
dc.date.issued 2024-10-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5415
dc.description.abstract FEBBI YANTI. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Kelas V Di SDN 14 Pontianak Kota Tahun Ajaran 2023/2024: Program Studi Pendidikan Guru Madrasyah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Istitut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN) Pontianak,2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) Langkah-langkah penggunaan model pembelajaran problem based learning pada peserta didik materi mempertahankan kemerdekaan indonesia kelas V di SDN 14 Pontianak Kota tahun ajaran 2023/2024. 2) Hasil belajar peserta didik di kelas V di SDN 14 Pontianak Kota tahun ajaran 2023/2024. 3) mendeskripsikan seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar materi mempertahankan indonesia kelas V SDN 14 Pontianak Kota tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis rancangan penelitian Nonequivalent Control Group . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 50 peserta didik di SDN 14 Pontianak Kota. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitan ini menunjukan bahwa: 1)Langkah-langkah model problem based learning yang dilakukan yaitu Mengorentasikan peserta didik terhadap masalah,Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.Berdasarkan langkah-langkah model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik materi mempertahankan kemerdekaan mata pelajaran IPS kelas V di SDN 14 Pontianak Kota telah dilaksanakan dengan sangat baik.2) Hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPS materi mempertahankan kemerdekaan di SDN 14 Pontianak Kota, ialah a) hasil belajar peserta didik pada kelas ekperimen nilai rata-rata pretestnya sebesar (62,92) dan nilai posttestnya sebesar (80.68). b) sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretestnya sebesar (61.2) dan nilai posttestnya sebesar (69.36). 3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi mempertahankan kemerdekaan mata pelajaran IPS kelas V di SDN 14 Pontianak Kota adalah (1,95) dengan kriteria atau interpertasinya sanggat tinggi (strong effect) en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Ilmu Pengetahuan Sosial en_US
dc.subject Pembelajaran Problem Based Learning. en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Mempertahankan Kemerdekaan Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SDN 14 Pontianak Kota Tahun Ajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account