Abstract:
NIRWANA, 11811250 Penerapan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Oleh Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Pembelajaran Pada Kelas VIII di SMPN 6 Pontianak Selatan. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK), Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan : 1)Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) yang Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terapkan dalam pembelajaran Pada Kelas VIII di SMPN 6 Pontianak Selatan, 2) Langkah-langkah Penerapan TPACK oleh Guru PAI Pada Kelas VIII di SMPN 6 Pontianak Selatan, 3) Kendala Guru PAI dalam Penerapan TPACK Pada Kelas VIII di SMPN 6 Pontianak Selatan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitiandeskriptif yang berlokasi di SMP N 6 Pontianak Selatan, Teknik Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian secara umum bahwa : 1) TPACK yang digunakan guru dalam pembelajaran PAI pada kelas VIII di SMP N 6 Pontianak Selatan yaitu menggunakan TK (Laptop, infocus,beserta memanfaatkan Aplikasi perangkat Microsoft Word, Excel, PPT,dan WhatsApp. PK (guru menggunakan metode pembelajaran). CK (guru menguasai materi pembelajaran). serta guru telah mengkombinasikan tiga unsur pokok ilmu pengetahuan TK,PK,CK tersebut menjadi TPACK. 2). Langkah Penerapan TPACK dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas VIII di SMPN 6 Pontianak Selatan Pada tahap pelaksanaannya pengintegrasian teknologi beberapa bagian sudah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran dan telah menggunakan media teknologi seperti PPT berkombinasi dengan Youtube . sebagian pengintegrasian teknologinya juga terdapat perbedaan dalam pelaksanaan pada saat situasi pembelajaran yang berlangsung dengan rancangan pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat. Selanjutnya Guru telah menggunakan Metode pembelajaran bervariatif seperti Metode Discovery learning, Metode diskusi tanya jawab, dan Metode ceramah berbasis media teknologi dalam pembelajaran PAI. 3). Kendala Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Penerapan Technogical Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Adapun kendala guru PAI alami untuk menerapkan Technological Pedagogical And Content Knowledge yaitu minimnya persediaan alat infocus untuk guru mengajar, jaringan internet belum sepenuhnya mencakupi semua kelas .