PENERAPAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PEMBELAJARAN PADA KELAS VIII DI SMPN 6 PONTIANAK SELATAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.advisor Lubis, Putri Handayani
dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.author NIRWANA, NIRWANA
dc.date.accessioned 2024-11-01T03:43:34Z
dc.date.available 2024-11-01T03:43:34Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5394
dc.description.abstract NIRWANA, 11811250 Penerapan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Oleh Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Pembelajaran Pada Kelas VIII di SMPN 6 Pontianak Selatan. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK), Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan : 1)Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) yang Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terapkan dalam pembelajaran Pada Kelas VIII di SMPN 6 Pontianak Selatan, 2) Langkah-langkah Penerapan TPACK oleh Guru PAI Pada Kelas VIII di SMPN 6 Pontianak Selatan, 3) Kendala Guru PAI dalam Penerapan TPACK Pada Kelas VIII di SMPN 6 Pontianak Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitiandeskriptif yang berlokasi di SMP N 6 Pontianak Selatan, Teknik Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian secara umum bahwa : 1) TPACK yang digunakan guru dalam pembelajaran PAI pada kelas VIII di SMP N 6 Pontianak Selatan yaitu menggunakan TK (Laptop, infocus,beserta memanfaatkan Aplikasi perangkat Microsoft Word, Excel, PPT,dan WhatsApp. PK (guru menggunakan metode pembelajaran). CK (guru menguasai materi pembelajaran). serta guru telah mengkombinasikan tiga unsur pokok ilmu pengetahuan TK,PK,CK tersebut menjadi TPACK. 2). Langkah Penerapan TPACK dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas VIII di SMPN 6 Pontianak Selatan Pada tahap pelaksanaannya pengintegrasian teknologi beberapa bagian sudah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran dan telah menggunakan media teknologi seperti PPT berkombinasi dengan Youtube . sebagian pengintegrasian teknologinya juga terdapat perbedaan dalam pelaksanaan pada saat situasi pembelajaran yang berlangsung dengan rancangan pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat. Selanjutnya Guru telah menggunakan Metode pembelajaran bervariatif seperti Metode Discovery learning, Metode diskusi tanya jawab, dan Metode ceramah berbasis media teknologi dalam pembelajaran PAI. 3). Kendala Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Penerapan Technogical Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Adapun kendala guru PAI alami untuk menerapkan Technological Pedagogical And Content Knowledge yaitu minimnya persediaan alat infocus untuk guru mengajar, jaringan internet belum sepenuhnya mencakupi semua kelas . en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject TPACK en_US
dc.subject Kendala Guru tentang TPACK en_US
dc.subject SMPN 6. en_US
dc.title PENERAPAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PEMBELAJARAN PADA KELAS VIII DI SMPN 6 PONTIANAK SELATAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account