Abstract:
Tovyx Noor Hidayat (12001047). Persepsi Guru Pamong Terhadap Kemampuan Mahasiswa Magang 3 Dalam Melaksanakan Pembelajaran Di MTs Khulafaurrasyidin Tahun 2022-2023. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) 2024 M/1445 H.
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya guru pamong magang 3 MTs Khulafaurrasyidin tahun 2022-2023 yang berpersepsi bahwa mahasiswa magang 3 masih perlu meningkatan kemampuan dalam merumuskan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013, meningkatkan kemampuan melaksanakan pembelajaran sesuai rumusan RPP yang telah dibuat, dan meningkatkan kemampuan melaksanakan evaluasi pembelajaran secara menyeluruh. Berdasarkan identifikasi masalah maka penelitian ini difokuskan pada bagaimana persepsi guru pamong magang 3 di MTs Khulafaurrasyidin tahun 2022-2023 pada kemampuan mahasiswa magang 3 dalam merumuskan RPP, melaksanakan pembelajaran dan melaksanakan evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Persepsi guru pamong terhadap kemampuan mahasiswa magang 3 dalam merumuskan RPP. 2) Persepsi guru pamong terhadap kemampuan mahasiswa magang 3 dalam melaksanakan pembelajaran. 3) Persepsi guru pamong terhadap kemampuan mahasiswa magang 3 dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunankan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan Triangulasi dan Member Check.
Hasil penelitian ini menjelasakan bahwa: 1) Persepsi guru pamong terhadap kemampuan mahasiswa magang 3 dalam merumuskan RPP adalah mahasiswa magang 3 sudah merumuskan RPP, namun masih perlu peningkatan ketelitian dalam merumuskan nama semester, Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), tujuan, materi, metode, media, alat, rangkaian kegiatan inti pembelajaran, dan merumuskan instrumen serta cara melakukan evaluasi pembelajaran pada aspek kognitif, dan psikomotorik. 2) Persepsi guru pamong terhadap kemampuan mahasiswa magang 3 dalam melaksanakan pembelajaran adalah mahasiswa magang 3 sudah melaksanakan pembelajaran, namun masih perlu peningkatan pada pelaksanaan kegiatan pembuka, inti, dan penutup pembelajaran. 3) Persepsi guru pamong terhadap kemampuan mahasiswa magang 3 dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran adalah mahasiswa magang 3 sudah melaksanakan evaluasi pembelajaran menggunakan instrumen evaluasi kognitif, dan psikomotorik saja, namun masih perlu peningkatan, dan mahasiswa magang 3 tidak ada yang melaksanakan evaluasi pembelajaran menggunakan instrumen evaluasi afektif.