Persepsi Guru Pamong Terhadap Kemampuan Mahasiswa Magang 3 dalam Melaksanakan Pembelajaran di MTs Khulafaurrasyidin Tahun 2022-2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.author Hidayat, Tovyx Noor
dc.date.accessioned 2024-10-30T06:20:18Z
dc.date.available 2024-10-30T06:20:18Z
dc.date.issued 2024-10-03
dc.identifier.citation APA(American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5389
dc.description.abstract Tovyx Noor Hidayat (12001047). Persepsi Guru Pamong Terhadap Kemampuan Mahasiswa Magang 3 Dalam Melaksanakan Pembelajaran Di MTs Khulafaurrasyidin Tahun 2022-2023. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) 2024 M/1445 H. Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya guru pamong magang 3 MTs Khulafaurrasyidin tahun 2022-2023 yang berpersepsi bahwa mahasiswa magang 3 masih perlu meningkatan kemampuan dalam merumuskan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013, meningkatkan kemampuan melaksanakan pembelajaran sesuai rumusan RPP yang telah dibuat, dan meningkatkan kemampuan melaksanakan evaluasi pembelajaran secara menyeluruh. Berdasarkan identifikasi masalah maka penelitian ini difokuskan pada bagaimana persepsi guru pamong magang 3 di MTs Khulafaurrasyidin tahun 2022-2023 pada kemampuan mahasiswa magang 3 dalam merumuskan RPP, melaksanakan pembelajaran dan melaksanakan evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Persepsi guru pamong terhadap kemampuan mahasiswa magang 3 dalam merumuskan RPP. 2) Persepsi guru pamong terhadap kemampuan mahasiswa magang 3 dalam melaksanakan pembelajaran. 3) Persepsi guru pamong terhadap kemampuan mahasiswa magang 3 dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunankan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan Triangulasi dan Member Check. Hasil penelitian ini menjelasakan bahwa: 1) Persepsi guru pamong terhadap kemampuan mahasiswa magang 3 dalam merumuskan RPP adalah mahasiswa magang 3 sudah merumuskan RPP, namun masih perlu peningkatan ketelitian dalam merumuskan nama semester, Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), tujuan, materi, metode, media, alat, rangkaian kegiatan inti pembelajaran, dan merumuskan instrumen serta cara melakukan evaluasi pembelajaran pada aspek kognitif, dan psikomotorik. 2) Persepsi guru pamong terhadap kemampuan mahasiswa magang 3 dalam melaksanakan pembelajaran adalah mahasiswa magang 3 sudah melaksanakan pembelajaran, namun masih perlu peningkatan pada pelaksanaan kegiatan pembuka, inti, dan penutup pembelajaran. 3) Persepsi guru pamong terhadap kemampuan mahasiswa magang 3 dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran adalah mahasiswa magang 3 sudah melaksanakan evaluasi pembelajaran menggunakan instrumen evaluasi kognitif, dan psikomotorik saja, namun masih perlu peningkatan, dan mahasiswa magang 3 tidak ada yang melaksanakan evaluasi pembelajaran menggunakan instrumen evaluasi afektif. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Persepsi en_US
dc.subject Guru Pamong en_US
dc.subject Magang 3 en_US
dc.title Persepsi Guru Pamong Terhadap Kemampuan Mahasiswa Magang 3 dalam Melaksanakan Pembelajaran di MTs Khulafaurrasyidin Tahun 2022-2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account