Abstract:
Masodi, Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Oleh Guru Pendidikan
Agama Islam di SMPN 11 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024. Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut
Agama Islam Negeri Pontianak Tahun 1445H/2024M
Penelitian ini bertujuan: satu, untuk mengetahui upaya guru Pendidikan
Agama Islam dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di SMPN
11 Pontianak. Dua, untuk mengetahui kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam
pengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di SMPN 11 Pontianak
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan
informan adalah guru Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan datanya:
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan
kondensasi, penyajian data dan penarikan simpulan. Teknik pemeriksa keabsehan
data dengan menggunakan: perpanjangan pengamatan, pengamatan yang tekun,
triangulasi, dan member check
Hasil penelitian 1) upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam
implementasi Kurikulum Merdeka Belajar adalah menyiapkan dokumen, buku,
modul, capaian pembalajaran, perangkat ajar, pedoman asesmen penilaian,
penyelenggaraan pembelajaran, melaksanakan asesmen, refleksi, dan pembelajaran
berbasis projek. 2) kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam
pengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di SMPN 11 Pontianak dari
guru itu sendiri, ada sebagian guru yang kurang memahami dalam pelaksanaan
kurikulum merdeka belajar karena masih baru diterapkan, juga kurangnya
pembiayaan karena untuk mencetak modul perlu adanya pembiayaan yang besar,
juga sarana dan prasarana kurang memadai untuk proses pembelajaran